Museum Kimchi

Kamu penggemar Korea tentu tak asing dengan Kimchi. Yup makanan khas Korea ini tengah digandrungi anak muda di Indonesia. Hal ini lantaran drama-drama Korea yang sering ditayangkan televisi, sering memamerkan makanan satu ini, sehingga menghipnotis masyarakat Indonesia.

Menurut Duta Besar Korea untuk Indonesia Taiyong Cho, Kimchi adalah fermented food yang bagus untuk kesehatan, bagus untuk kulit dan menggunakan bumbu cabai merah. Itu makanan yang bagus untuk menjadikan kulit cantik.

Namun siapa sangka jika makanan ini menjadi sebuah museum di Negeri Ginseng sana? Yup, Kimchi Museum atau Kimchi Field Museum (??? ?????; Pulmuwon Gimchi Bangmulgwan). Museum ini khusus dibangun sebagai pusat pengetahuan mengenai kimchi.

wikimedia.org

Di Korea, Museum Kimchi sedang naik daun, lho. Tak hanya oleh masyarakat setempat, museum ini pun menjadi destinasi populer di Korea yang tengah menjadi perbincangan wisatawan dunia!

Museum yang terletak di Seoul, Korea Selatan, ini menyimpan 187 jenis kimchi, baik yang telah berusia tahunan maupun yang baru dibuat. Makanan yang dibuat dari proses fermentasi sayuran dan berbagai jenis bumbu tersebut telah menjadi sebuah budaya yang melekat erat dengan masyarakat Korea.

travelwithjoshcohen.com

Pemberian nama kimchi ditentukan berdasarkan sayuran yang dipakai serta campuran bumbu-bumbu saat meraciknya. Beberapa bahan yang digunakan yaitu larutan garam, rempah khusus Korea, jahe, lobak cincang, bawang putih, saus udang (saeujeot), saus kerang (eoriguljeot) dan saus ikan.

Pada saat mengunjungi Kimchi Museum, wisatawan dapat mengetahui sejarah lengkap, variasi berbagai jenis Kimchi, cara pembuatan dan penyimpananan kimchi, serta nilai gizi yang terkandung di dalam setiap jenisnya. Selain itu, pihak museum juga mengumpulkan berbagai data dan statistik, mengadakan penelitian mengenai kimchi.

moonlightgardenfables.wordpress.com

Tak cukup sampai di situ saja keunikan Museum Kimchi ini, di sini pun kamu dapat menyaksikan langsung peralatan memasak yang digunakan masyarakat Korea kuno, lho.

Menariknya lagi, bagi kamu yang tertarik untuk menikmati makanan tradisional lainnya, ada sebuah ruang khusus yang menyediakan makanan-makanan tersebut secara gratis.

trvl-media.com

Namun jangan berharap bisa mengunjungi museum pada hari Senin atau hari-hari besar nasional, seperti Tahun Baru dan Natal. Pengelola museum biasanya menutup aktivitasnya. Tapi pada hari-hari biasa, museum dibuka sejak pukul 10.00-17.00.

Bangunannya terletak di basement CoexMall, Gangnam-gu Seoul. Untuk mencapai tempat ini, Anda bisa naik subway jalur 2 dari Samseong Station. Oh, iya, Museum ini sukses menarik sebanyak 100.000 pengunjung per tahunnya!

audiars.wordpress.com

Setelah mengetahui museum ini, kamu makin ingin kan mengunjungi negeri ini? Yuk, mulai nabung!