Canggih, Ada Lensa Kontak yang Bisa Rekam Video


Tak cuma kaca mata yang bisa disulap menjadi pintar, inovasi teknologi lensa kontak ternyata bisa. Lensa kontak kini tak hanya sekedar aksesoris. Vendor gadget asal Jepang, Sony, dikabarkan telah membuat paten atas teknologi lensa kontak yang bisa merekam gambar dan video.

Dilansir dari Cnet, Kamis (5/5/2016), Sony telah mendapatkan paten atas teknologi lensa kontak baru itu pada April lalu. Dikatakan dalam paten tersebut bahwa lensa kontak itu bisa dikendalikan dengan kedipan mata.

Sony (Flickr)
Sony (Flickr)

 

Fungsinya tidak hanya untuk mempertajam penglihatan tapi juga bisa merekam gambar dan video. Sensor yang tersemat di dalam lensa itu dipercaya bisa mendeteksi perbedaan antara kedipan yang disengaja atau tidak.

Dalam paten itu juga disebutkan jika semua teknologi yang dibutuhkan disematkan dalam lensa yang tipis tersebut. Teknologi yang dimaksud tidak hanya soal sensor kedip tapi juga ruang memori dan penangkap gambar.

Teknologi itu disematkan di dalam selaput lensa, termasuk sensor piezoelectric. Sensor tersebut akan mengkonversi gerakan mata untuk dijadikan energi yang bisa membuat lensa itu terus bekerja.

Ilustrasi lensa kontak (Tech Radar)
Ilustrasi lensa kontak (Tech Radar)

Namun begitu, banyak yang tidak yakin jika teknologi ini akan terwujud. Pasalnya semua komponen yang dibutuhkan bukanlah sesuatu yang fleksibel untuk bisa disematkan ke bahan mirip selaput mata.

Meskipun tidak mungkin, bukan berarti tidak bisa terwujud. Buktinya perusahaan digital raksasa di dunia, Google, juga dikabarkan sedang mengembangkan lensa kontak ini. Lensa kontak tersebut dikatakan bisa berfungsi sebagai kamera, bahkan membuat orang buta bisa melihat kembali.

Kita nantikan saja nanti perkembangan lebih lanjut soal lensa kontak ini. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak