Pernahkah terbayangkan oleh kamu untuk makan di udara dengan ketinggian berpuluh-puluh meter dari atas tanah? Belakangan sedang jadi berita di banyak media sosial tentang serunya makan melayang di udara. Bagi kamu yang belum tahu, makan melayang di udara yang dimaksud adalah makan di atas restoran yang melayang di atas udara setinggi kurang lebih 50 meter dari atas tanah. Restoran yang tidak memiliki dinding ini ditarik ke udara dengan menggunakan crane.

Amankah? Tentu saja aman karena kamu harus menggunakan safety belt yang ada pada kursinya seperti sedang berada di arena permainan roaller coaster, histeria, atau tornado yang ada di Dufan.

Makan Melayang di Udara (www.dinnerinthesky.com.hr)
Makan Melayang di Udara (www.dinnerinthesky.com.hr)

Konsep makan melayang di udara ini sebenarnya sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu di Belgia, namun kala itu, belum terkenal seperti sekarang. Konsep restoran yang mampu memacu adrenalin ini diusung oleh restoran bernama “Dinner in the Sky” yang kini sudah hadir di lebih dari 45 negara yang ada di seluruh dunia seperti, Austria, Brasil, Jerman, Prancis, Italia, Macao, Hongkong, Taiwan, Las Vegas, Turki, Demnark, Rusia, Dubai, dan negara-negara besar lainnya. Di Asia Tenggara sendiri baru ada Malaysia, tepatnya di Kuala Lumpur.

Chef menyiapkan makanan (dinnerinthesly.com.hr)
Chef menyiapkan makanan (dinnerinthesly.com.hr)

Dinner in the Sky berbentuk kotak persegi dengan kursi yang berjajar rapi di pinggirannya sementara bagian tengahnya merupakan space untuk para chef menyajikan makanan. Pilihan makanan yang ada di sini sudah termasuk dalam paket seperti appetizer, main course, dessert, serta minuman. Semua sajian tentunya sudah dimasak dengan matang dan tinggal menatanya karena untuk memasak di atas udara sangat tidak memungkinkan. Terdapat dua hingga tiga chef, bartender, pelayan, serta beberapa kru yang berdiri di bagian tengah untuk melayani kamu. Jika kamu beruntung, kadang ada live music yang mampu menghibur di atas ketinggian. Mereka semua tentunya juga mengenakan tali pengaman sehingga meski dalam posisi berdiri, mereka tetap aman.

Pertunjukan Biola di UK (alexandraviolin.ro)
Pertunjukan Biola di UK (alexandraviolin.ro)

Untuk dapat menikmati Dinner in the Sky ini memang butuh perjuangan JBers karena hanya terdapat dua sesi dalam satu harinya, yakni pada jam 07.00 dan jam 08.30 malam. Kenapa hanya ada dua sesi? Karena dalam satu sesinya itu bisa menghabiskan waktu kurang lebih delapan jam, mulai dari persiapan, makan di udara, hingga turun lagi. Lama juga ya JBers? Kursi yang disediakan juga sangat terbatas, hanya sekitar 20-25 pengunjung saja karena berat yang bisa diangkat oleh crane juga terbatas. Selain itu kamu juga harus merogoh kocek yang lumayan dalam, yakni $ 290 dollar AS atau sekitar kurang lebih Rp 3 juta.

Suasana Makan di Udara pada Pagi dan Malam Hari (blog.gruborpub.com)
Suasana Makan di Udara pada Pagi dan Malam Hari (blog.gruborpub.com)

Meski harga yang dipatok cukup mahal, namun pengunjungnya tetap ramai dan tidak pernah sepi sehingga kamu harus menunggu waiting list terlebih dahulu. Memang sensasi terpacunya adrenalin sangat menantang sekali karena kamu bisa merasakan langsung hembusan angin serta udara yang ada di atas ketinggian 50 meter. Apa kira-kira kamu penasaran dan ingin mencobanya JBers?

(rei)