Indonesia adalah negara yang kaya akan tradisi, budaya dan kulinernya. Setiap daerah di tanah air memiliki makanan khas masing masing. Beragam makanan ini ternyata mampu menarik perhatian luar negeri. Dilansir dari Asliindonesianet, Kamis (5/5/2016), berikut adalah 5 kuliner khas Indonesia yang mendunia.

1. Nasi goreng

Nasi goreng (Asli Indonesia)
Nasi goreng (Asli Indonesia)

Makanan nasi goreng semakin menyebar luas di mancanegara, setelah Presiden AS Barack Obama menyebutkan namanya beberapa kali dan mengakui enaknya makanan yang satu ini. Pada ajang World Expo Shanghai Tiongkok 2010 masakan nasi goreng menjadi suguhan yang menarik. Ajang perlombaan masak bertaraf internasional ini mampu membawa nama nasi goreng semakin dikenal di mata dunia. Acara ini mendapat respon positif dari pengunjung pameran dari berbagai negara.

2. Gado-gado

Gado-gado (Asli Indonesia)
Gado-gado (Asli Indonesia)

Gado-gado adalah makanan khas Jawa berupa sayur-sayuran yang direbus dan dicampur menjadi satu. Makanan ini mempunyai bumbu khas kacang tanah yang dihaluskan. Tak ketinggalan juga irisan telur dan taburan bawang goreng di atasnya. Perlombaan memasak internasional di Napoli, Italia, pada tahun 2010, menjadi pembuktian gado-gado bukan sembarang makanan. Di ajang ini gado-gado menjadi juara pertama kategori tampilan sajian estetika.

3. Soto ayam

Soto ayam (Asli Indonesia)
Soto ayam (Asli Indonesia)

Tak hanya terkenal karena rasanya yang lezat, soto juga memiliki tampilan yang indah. Makanan khas Indonesia ini paling nikmat jika dimakan ketika musim hujan. Perpaduan udara yang dingin dan kuahnya yang panas adalah perpaduan yang pas bagi kita. Tak hanya di Indonesia saja, soto ayam juga ada di sebuah festival makanan di Jepang. Rupanya makanan soto ayam telah menjadi langganan di acara ini. Acara ini sendiri diselenggarakan oleh pelajar Indonesia yang tergabung dalam PPIJ- Komsat Ibaraki.

4. Rendang

Rendang (Asli Indonesia)
Rendang (Asli Indonesia)

Nikmat dan lezatnya rendang berhasil membuatnya terpilih jadi posisi paling atas dari 50 makanan terlezat di dunia versi CNN Internasional pada tahun 2011 lalu. Rendang bahkan menjadi menu favorit di sebuah hotel di Jerman dalam rangka festival kuliner Indonesia. Acara ini diselenggarakan untuk memperingati 60 tahun persahabatan Indonesia dan Jerman.

5. Tempe

Tempe (Asli Indonesia)
Tempe (Asli Indonesia)

Makanan tempe ternyata sudah terkenal hingga ke Jepang dan Korea. Seorang juru masak asal Korea Eduard Quad adalah salah satu dari ribuan orang yang jatuh hati dengan tempe. Di Jepang, makanan tempe terkenal berkat penjual tempe asal Indonesia bernama Pak Rustomo. Namanya sudah cukup dikenal oleh sebagian masyarakat Indonesia. (tom)