Kamu seorang traveler? Saat pergi traveling tentunya kamu tidak bisa membawa semua benda-benda yang kamu inginkan dalam satu koper atau ransel. Kamu harus dengan pintar memilih-milih mana benda yang sebaiknya kamu bawa untuk traveling dan mana yang tidak. Dari sekian banyak list benda yang ingin kamu bawa, sebaiknya lima benda fungsional di bawah ini wajib kamu bawa saat traveling, yaitu:

1. Travel Charger USB

Travel Charger USB (www.corporategiftsmumbai.net)
Travel Charger USB (www.corporategiftsmumbai.net)

Travel charger USB merupakan benda yang wajib kamu bawa saat traveling. Travel Charger USB sangat multifungsi alias bisa digunakan untuk apa saja, entah itu mencharger ponsel, baterai kamera, hingga power bank. Ada banyak hal yang tidak bisa kamu lakukan jika benda yang satu ini tertinggal atau tidak kamu bawa seperti, tidak bisa menelpon, mengambil foto, dan lain sebagainya.

2. Dry Bag

Dry Bag (bestoutdoormarket.com)
Dry Bag (bestoutdoormarket.com)

Bagi kamu yang sering membawa banyak gadget atau barang alat elektronik lainnya saat traveling, dry bag ini wajib kamu bawa. Dry bag berfungsi untuk mengamankan gadget dan barang elektronik lainnya agar tidak basah terkena air saat hujan. Dry bag juga sangat berfungsi saat kamu diving dan snorkeling.

3. Kain

Kain digunakan sebagai syal untuk menyimpan passport (www.cnn.com)
Kain digunakan sebagai syal untuk menyimpan passport (www.cnn.com)

Kamu pasti bertanya-tanya, apa fungsinya membawa kain saat traveling? Kain bisa menjadi benda yang sangat fungsional saat kamu traveling. Kamu bisa menggunakan kain untuk keadaan darurat seperti untuk selimut, alas tidur, handuk, kerudung saat berkunjung ke negara yang mayoritas muslim, atau sebagai tempat menyimpan benda berharga seperti passport. Kain yang bisa kamu bawa bisa berupa syal, pasmina, atu juga sarung.

4. Money Belt

Money Belt (travelblog.studentuniverse.com)
Money Belt (travelblog.studentuniverse.com)

Money belt yang dimaksud ini bukan yang seperti tas pinggang kecil, melainkan undercover money belt yang berbentuk ikat pinggang biasa, tapi memiliki kompartemen kecil dengan risluiting yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan uang darurat. Biasanya money belt digunakan dibalik baju sehingga tidak akan terlihat dari luar. Kamu bisa menyimpan benda berharga kamu seperti passport atau uang sehingga terhindar dari pencopetan.

5. Unlocked Smartphone

Unlocked Smartphone (tourismupdates.com)
Unlocked Smartphone (tourismupdates.com)

Kenapa harus smartphone yang unlocked? Saat kamu pergi ke beberapa tempat yang kurang terjangkau sinyal provider kamu, tapi terkangkau sinyal provider lain, unlocked smartphone sangat membantu kamu. Apalagi saat kamu ke luar negeri, untuk menghindari roaming, kamu bisa mengganti SIM card kamu dengan provider lokal.

Setelah tahu lima benda fungsional untuk traveling di atas, jangan sampai ada yang tertinggal ya JBers! Semoga traveling kamu jadi lebih menyenangkan!

(rei)