Penciptaan robot makin hari kian berkembang. Ada satu robot keren yang berbentuk lebah dan punya kemampuan luar biasa. Robot yang diberi nama RoboBees ini diklaim menjadi robot paling kecil yang mampu berenang dan berubah fungsi menjadi kapal selam mini.

Robot yang diciptakan oleh salah satu lembaga dari Harvard University, Insitute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) dan International Conference of Intelligent Robot and Systems ini konsep dasar pembuatannya tidak hanya diadaptasi dari cara alami lebah untuk hidup. Oleh karena itu, jika dibandingkan dengan serangga aslinya, robot lebah ini bisa menjadi multifungsi karena dapat berenang di dalam air juga.

harvard.edu

Robert Wood, kepala proyek RoboBees dari Harvard menjelaskan bahwa robot tersebut konon dirancang untuk menambah populasi lebah yang kini kian menurun. Tak hanya itu saja, mereka pun bahkan meneliti bagaimana cara transduksi sensorimotor sayap lebah bergerak dalam keadaaan aerodinamis yang tidak stabil.

Berkat penciptaan robot ini pula para ilmuan tersebut menemukan inovasi untuk memanfaatkan kemampuan aerial robot mini ini di dalam air. “Dengan menggunakan teknologi simulasi computational fluid dynamics (CFD), kami bisa membuat sayap robot lebah ini tetap bergerak dan membuatnya berenang di dalam air,” tutur Robert Wood.

 

Cara robot ini menggerakkan sayapnya pada saat terbang dan berenang sangatlah mirip. Keduanya membutuhkan dorongan untuk terus menggerakkan sayapnya maju dan mudur. Tinggal bagaimana manusia mengatur kecepatan yang dibutuhkan robot ini ketika mereka sedang terbang atau berenang.

Meski demikian robot lebah ini tetap menawan. Nah yuk simak aksi sang robot lebah dalam video berikut.