Buah Khas Indonesia yang Jarang Ditemukan


Seluruh dunia tahu jika Indonesia negeri yang kaya raya. Tak hanya kekayaan alam yang indah menawan, pun kekayaan hayati yang beraneka ragam. Seperti buah-buahan khas Indonesia, yang mungkin masyarakat Indonesia sendiri pun tak mengetahuinya. Sayang kekayaan ini kurang dilestarikan, sehingga mulai terbatas lagi jumlahnya.

Nah, berikut ini jenis buah-buahan asli Indonesia yang unik tapi jarang lagi ditemukan. Sebagai warga negara yang baik, kamu harus tahu.

Mundu

goodnewsfromindonesia.org

Mundu merupakan buah asli Indonesia yang banyak terdapat di Jawa dan Kalimantan. Di Kalimantan, Mundu dikenal dengan nama baros dan jawura. Buah mundu yang semakin langka ini sering disebut juga sebagai apel jawa. Selain dimakan sebagai buah segar, mundu juga bisa diolah sebagai selai, lho.

Kepel

blogspot.com

Kepel di beberapa tempat dikenal dengan nama nam-naman. Konon buah kepel ini dulunya digemari puteri kraton-kraton di Jawa karena dipercaya menyebabkan keringat beraroma wangi dan membuat air seni tidak berbau tajam. Namun, karena lebih banyak ditanam di lingkungan keraton, buah ini pun menjadi langka. Buah yang rasanya manis dan wanginya khas ini tak banyak orang yang tahu.

Rukem

tanamanobat.net

Rukem merupakan buah yang unik, untuk memakannya, buah harus dipijit-pijit dulu untuk menghilangkan rasa sepat. Buah rukem dapat pula dijadikan rujak dan asinan, atau dicampur gula dijadikan selai. Buah langka ini banyak khasiatnya lho. Buah yang masih muda dapat digunakan sebagai ramuan obat tradisional untuk mengobati diare dan disentri.

Gandaria

blogspot.com

Buah gandaria mempunyai ukuran sebesar bola bekel serta memiliki biji berwarna ungu muda ini memiliki rasa asam manis. Buah Gandaria sering dikonsumsi sebagai rujak atau campuran sambal gandaria. Buah gandaria yang matang berwarna kuning, memiliki rasa kecut-manis dan dapat dimakan langsung.

Menteng

blogspot.com

Buah Menteng bentuknya sangat mirip dengan buah duku dengan warna kulit yang hijau kekuningan atau kemerahan. Buah yang mempunyai rasa asam bercampur manis ini mempunyai keunggulan karena berbuah sangat lebat dengan musim berbunga dan berbuah berlangsung setiap tahun, biasanya mulai Januari â?? Maret. Buah menteng dapat langsung dimakan atau diolah menjadi asinan, sirup atau minuman lainnya.

Kemang

pinterest

Kemang adalah pohon buah sejenis mangga dengan bau yang harum menusuk dan rasa yang masam manis. Pohon ini berkerabat dekat dan seringkali dianggap sama dengan binjai. Kamu bisa memakan buah ini langsung atau dimakan sebagai campuran rujak, dan dibuat sari buah, campuran es buah, atau bahan pembuat sirup. Daun buah kemang yang masih muda dapat dimakan untuk lalapan di wilayah Jawa Barat.

Maja

bibitbunga.com

Maja masih berkerabat dekat dengan kawista dan merupakan suku jeruk-jerukan. Di Bali buah ini dikenal sebagai bila. Warna kulit luar buah maja berwarna hijau tetapi isinya berwarna kuning atau jingga. Aroma buahnya harum dan cairannya manis. Layaknya jeruk, buah maja dapat diolah menjadi serbat, selai, sirop, atau nektar, sedangkan kulitnya dibuat marmalade.

Kawista

kaskus

Kawista adalah kerabat dekat maja dan masih termasuk dalam suku jeruk-jerukan. Di Indonesia, Kawista tergolong sebagai buah eksotik dengan bentuk bulat, warnanya putih sedikit coklat kehijauan dan wanginya amat menggoda. Buah ini biasanya menjadi bahan dasar sirup kawista.

 


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak