Mengintip Gitar-gitar Koleksi Matt Bellamy MUSE


Buat para penggemar band MUSE, jelas sudah tidak asing lagi dengan sosok Matt Bellamy, sang gitaris, pianis dan vokalis utama band tersebut. Matt juga dikenal memiliki gitar dengan desain yang unik. Rupanya, gitar milik Matt itu adalah buatan Manson, dan sebagian besar gitar milik Matt adalah buatan Manson. Ada apa saja? Langsung saja lihat koleksi gitarnya berikut ini, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Red Glitter Manson

Red Glitter Manson (Mason Guitar Works)
Red Glitter Manson (Manson Guitar Works)

Awalnya Matt Bellamy menginginkan gitar dengan tampilan yang memanjakan mata dan Hugh Manson mewujudkannya dengan menambahkan glitter bewarna pink yang terinspirasi dari kartu natal. Gitar ini pertama kali digunakan di Rockhal Festival di Luxemburg pada 26 Mei 2007. Red Glitter Manson pernah mengundang perhatian para fans setelah Matt menghantamkannya ke ampli gitar di Zaggreb Cibona Hall, tetapi kembali digunakan tanpa kerusakan sedikit pun. Selain itu Matt juga pernah mencoba menghancurkan gitar ini di Brisbane Riverstage, Australia. Beberapa fans mengantakan necknya telah lepas dari body gitar. Setelah peristiwa itu, Red Glitter Manson digunakan kembali di KROQ Acoustic Christmas pada Desember 2007.

2. 007 Manson

007 Manson (Mason Guitar Works)
007 Manson (Manson Guitar Works)

Gitar ini juga digunakan dalam video klip “Time is Running Out”. Para fans mengenal gitar ini dengan nama Black Manson. Pada “Absolution Tour DVD”, terdapat sedikit potongan ketika MUSE memainkan ending dari Stockholm Syndrome (hidden track The Groove at Cincinnati, San Diego) pada acara “Brick by Bricks” di sebuar bar kecil di Amerika. Ketika keluar dari panggung, Matt Bellamy melempar gitar ini ke dalam tong sampah. Sialnya, ada seorang pria yang mengambilnya dan nekat membawanya pulang. Tapi akhirnya gitar itu kembali kepada Matt Bellamy.

3. Bomber Manson

Bomber Manson (Mason Guitar Works)
Bomber Manson (Manson Guitar Works)

Gitar ini terdapat di US version dari video klip “Hysteria” dan “Starlight”. MIDI Strip gitar ini diambil dari JP-8000 keyboard, dan menjadi satu-satunya Manson Guitar yang menggunakan neck gitar merk lain, yaitu Ibanez Superstat.

4. M One D One Manson

M One D One Manson (Manson Guitar Works)
M One D One Manson (Manson Guitar Works)

Gitar ini telah remuk saat Matt membantingnya di Fuji Rock Festival tanggal 27 July 2007 setelah lagu “Stockholm Syndrome”. Gitar yang telah patah ini sekarang dipajang di Manson Guitar Shop di Exeter, Inggris. Rumornya, gitar ini sering membuat malu Matt karena tidak berfungsi sebagaimana mestinya, dan pernah juga tidak bekerja sama sekali.

4. 7 String E Manson

7 String E Manson (Manson Guitar Works)
7 String E Manson (Manson Guitar Works)

Gitar ini aslinya adalah pesanan seseorang musisi jazz yang entah mengapa tak pernah diambil. Gitar ini memakai 7 senar dan tanpa bridge pick up, hanya neck pick up dan sebuah bridge transducer (7 strings) custom made dengan Mike Christian Saddless. Matthew Bellamy suatu ketika datang ke Hugh Manson dan mengatakan dia butuh gitar tujuh senar untuk sebuah lagu. Hugh Manson tentu langsung menawarkan gitar ini karena tak pernah diambil pemiliknya. Ketika dicoba ternyata Matt puas dan membawanya pulang. Yang unik, gitar ini hanya digunakan untuk lagu Citizen Erased dengan tuning A-A-D-D-G-Bb. 7 String E Manson ternyata juga pernah memakan korban. Tepatnya di Atlanta tahun 2004, atau lebih dikenal dengan nama Atlanta Incident. Ketika itu bibir Matt berdarah-darah terkena headneck gitar ini karena kebanyakan tingkah. Konser pun dibatalkan dan Matt Bellamy langsung dilarikan ke rumah sakit.

5. Mirror Manson

Mirror Manson (Manson Guitar Works)
Mirror Manson (Manson Guitar Works)

Mirror Manson identik dengan lagu-lagu seperti “Plug in Baby” dan “Blackout”. Yang paling ditonjolkan pada Mirror Manson selain body-nya adalah Z. Vex Fuzz Factory-nya, yang telah menjadi menu wajib dalam kedua lagu tersebut. Gitar ini dikenal juga dengan nama Earls Court Manson, karena debutnya di mulai di Earls Court, London tanggal 19 dan 20 Desember 2004. Menurut riwayatnya, gitar ini belum pernah dibanting.

6. Chrome Bomber Manson

Chrome Bomber Manson (Manson Guitar Works)
Chrome Bomber Manson (Manson Guitar Works)

Sebagai generasi penerus dari Bomber Manson, tentu gitar ini pun mengambil alih lagu-lagu yang biasa dimainkan dengan gitar tersebut, seperti “Bliss”, “Hysteria”, dan “Knight of Cydonia” (lagu-lagu yang menggunakan tremolo). Chrome Bomber Manson dapat ditemukan di video klip “Knight of Cydonia”.

7. Silver Manson

Silver Manson (Manson Guitar Works)
Silver Manson (Manson Guitar Works)

Gitar ini mulai digunakan sejak era “Origin of Symmetry Tour” tahun 2001. Silver Manson digunakan pada video klip lagu “Hyper Music” dan “Dead Star”. Sebenarnya Matt membeli Silver Manson sesaat sebelum syuting klip “Hyper Music”, dan akhirnya gitar ini diistirahatkan saat dimulainya “Black Holes and Revelations Tour”. Nama asli gitar ini sebenarnya Dolorean Manson, tetapi lebih dikenal dengan nama Silver Manson.

8. Lazer Manson

Lazer Manson (Manson Guitar Works)
Lazer Manson (Manson Guitar Works)

Gitar ini pertama kali digunakan pada 2002, saat rekaman album “Absolution”, dan akhirnya diistirahatkan saat tur di Amerika Serikat tahun 2007. Aksi memukau laser dari gitar ini dapat dilihat di “The Making of The Small Print”.

9. Black Kaoss Manson

Black Kaoss Manson (Manson Guitar Works)
Black Kaoss Manson (Manson Guitar Works)

Gitar ini memulai debutnya saat “Radio 1st Weekend” tanggal 13 Mei 2006. Digunakan juga pada video klip “Invincible”, dimana pada lagu tersebut Black Kaoss Manson menjadi gitar wajib di setiap aksi livenya. Nama asli gitar ini sebenarnya Kaoss Manson, tapi oleh para fans disebut Black Kaoss Manson.

10. Ali Top Manson

Ali Top Manson (Manson Guitar Works)
Ali Top Manson (Manson Guitar Works)

Ali Top Manson memulai debutnya saat di Singapura tanggal 16 Januari 2007. Gitar ini hanya pernah digunakan untuk memainkan lagu “Hysteria”, “Knight of Cydonia”, dan “Muscle Museum”. Tak ada penjelasan mengapa gitar ini diberi nama Ali Top, yang identik dengan nama Arab.

11. Black Midi Manson

Black Midi Manson (Manson Guitar Works)
Black Midi Manson (Manson Guitar Works)

Black Midi Manson dikenal kalangan penggemar dengan nama Seattle Manson karena gitar ini memulai debutnya saat gig di Seattle tanggal 9 September 2007, malam pertama dari “Black Holes and Revelations Tour” di Amerika Serikat. Tuning yang biasa digunakan dalam gitar ini adalah D-A-D-G-B-E (Drop D), C-A-D-G-B-E (Drop C), Eb-Ab-Db-Gb-Bb-Eb (Eb Tuning). “Fury dan Starlight” menggunakan Eb Tuning, “Dead Star”, “New Born”, dan “Stockholm Syndrome” dalam Drop D, serta “Map of The Problematique” dengan Drop C.

12. Keytarcaster Manson

Keytarcaster Manson (Manson Guitar Works)
Keytarcaster Manson (Manson Guitar Works)

Keytarcaster Manson merupakan gitar pertama Matt Bellamy yang dibuilt-in Hugh Manson yang tak mempunyai picks up maupun senar. Sebagai gantinya di tempat seharusnya picks up berada tergantikan dengan dua octave keyboard (pianika) dan di papan fretboard terdapat tombol-tombol yang mewakili unsur tuts piano/synth.¬†Keytar ini dapat dilihat di video klip “Undisclosed Desires” yang dirilis di MySpace tanggal 3 November 2009. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
21
Love
OMG OMG
11
OMG
Yaelah Yaelah
41
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
31
Keren Nih
Ngakak Ngakak
61
Ngakak