Film Layar Lebar Doraemon dari Masa ke Masa (1)

Robot kucing berwarna biru, Doraemon, telah menjadi teman semasa kecil kita. Tak hanya di tempat asalnya, Jepang, popularitas dari Doraemon telah mencapai seluruh dunia, termasuk Indonesia. Selain serialnya yang hingga kini masih ada dan mencapai ribuan episode, ada juga Doraemon versi layar lebar. Berikut adalah film layar lebar Doraemon dari masa ke masa, yang sudah dihimpun jadiBerita untuk kamu.

Doraemon: Nobita's Dinosaur (Themoviedb)
Doraemon: Nobita’s Dinosaur (Themoviedb)

Film ini merupakan film layar lebar pertama dari Doraemon. Film ini menceritakan petualangan Nobita dan kawan-kawan untuk berusaha melindungi Piisuke, dinosaurus yang dipelihara oleh Nobita.

2. Doraemon: The Records of Nobita, Spaceblazer (1981)

Doraemon: The Records of Nobita, Spaceblazer (Themoviedb)
Doraemon: The Records of Nobita, Spaceblazer (Themoviedb)

Nobita bermimpi aneh tentang petualangan seorang anak dari luar angkasa. Kemudian, ia mendapati bahwa permadani di bawah lantai kamarnya terhubung dengan pesawat anak itu. Kemudian dimulailah petualngan Nobita di luar angkasa.

3. Doraemon: Nobita and the Haunts of Evil (1982)

Doraemon: Nobita and the Haunts of Evil (Themoviedb)
Doraemon: Nobita and the Haunts of Evil (Themoviedb)

Cerita bermula ketika Nobita disuruh Giant dan Suneo meminta pada Doraemon untuk mencari dunia misteri sebagai tujuan petualangan mereka pada libur musim panas kali ini. Di tengah-tengah pencarian, Nobita pun bertemu dengan seekor anjing terlantar di taman bermain yang kemudian diberi Nobita nama Peko. Petualangan Nobita, Doraemon dan teman-teman di dunia misteri Afrika pun menanti.

4. Doraemon: Nobita and the Castle of the Undersea Devil (1983)

Doraemon: Nobita and the Castle of the Undersea Devil (Themoviedb)
Doraemon: Nobita and the Castle of the Undersea Devil (Themoviedb)

Film ini menceritakan petualangan Nobita dan kawan-kawan di dasar laut. Nobita dan kawan-kawan dalam film ini dilengkapi dengan mobil canggih bernama Buggy. Film ini terinspirasi dari mitos kota yang hilang, Atlantis.

5. Doraemon: Nobita’s Great Adventure into the Underworld (1984)

Doraemon: Nobita's Great Adventure into the Underworld (Themoviedb)
Doraemon: Nobita’s Great Adventure into the Underworld (Themoviedb)

Dimulai dari Nobita yang ingin berada di dalam dunia sihir. Doraemon pun mengabulkannya. Namun di dunia sihir ini ada sosok jahat yang ingin menguasai dunia bernama Demaon. Nobita dan kawan-kawan pun berusaha untuk menumpasnya, ditemani oleh Miyoko, sosok manusia yang disihir menjadi seekor kucing.

6. Doraemon: Nobita’s Little Star Wars (1985)

Doraemon: Nobita's Little Star Wars (Themoviedb)
Doraemon: Nobita’s Little Star Wars (Themoviedb)

Sesuai judulnya, kali ini Nobita dan kawan-kawan akan berpetualang di luar angkasa. Film ini sendiri memang sengaja dibuat menjadi parodi dari film Hollywood, “Star Wars”.

7. Doraemon: Nobita and the Steel Troops (1986)

Doraemon: Nobita and the Steel Troops (Themoviedb)
Doraemon: Nobita and the Steel Troops (Themoviedb)

Berawal dari Nobita yang ingin memiliki mainan robot yang dikendalikan remote kontrol, namun keinginannya itu tidak dikabulkan Doraemon yang emosi karena cuaca panas. Akhirnya Doraemon mengeluarkan Pintu Kemana Saja dan pergi ke Kutub Utara. Di sana Doraemon dan Nobita menemukan bagian kaki dari sebuah robot. Lama kelamaan, bagian-bagian robot itu terus bermunculan, dan akhirnya menjadi sebuah robot raksasa. Robot inilah yang nantinya akan menemani petualangan Nobita dan kawan-kawan.

8. Doraemon: Nobita and the Knights on Dinosaurs (1987)

Doraemon: Nobita and the Knights on Dinosaurs (Themoviedb)
Doraemon: Nobita and the Knights on Dinosaurs (Themoviedb)

Kembali bertema dinosaurus, di sini Nobita dan kawan-kawan bakal bertemu dengan seorang ksatria yang mengendarai dinosaurus. Nantinya Nobita akan bergabung dengan ksatria itu untuk menumpas kejahatan di dunia dinosaurus.

9. Doraemon: The Record of Nobita’s Parallel Visit to the West (1988)

Doraemon: The Record of Nobita's Parallel Visit to the West (Themoviedb)
Doraemon: The Record of Nobita’s Parallel Visit to the West (Themoviedb)

Di film ini Nobita dan kawan-kawan bakal berperan layaknya tokoh-tokoh dalam legenda  “Journey to the West”, dengan Nobita menjadi Sun Go Kong, alias Kera Sakti.

10. Doraemon: Nobita and the Birth of Japan (1989)

Doraemon: Nobita and the Birth of Japan (Themoviedb)
Doraemon: Nobita and the Birth of Japan (Themoviedb)

Petualangan Nobita dalam film ini akan mengambil setting zaman purba (yang merupakan awal kelahiran negara Jepang), dimana dirinya bertemu pemuda bernama Kukuru. Nantinya mereka akan bekerja sama untuk menumpas sosok jahat bernama Gigazombie. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Ini Dia Negara yang Pertama Kali Disambut Matahari Terbit

5 Musisi Blues Indonesia yang Bisa Menginspirasi Bermusik Kamu