Fenomena bocah dan remaja tanggung merekam laju bus di jalan raya dengan telepon selulernya demi mendapatkan bunyi klakson atau biasa disebut “telolet” dari sang sopir bus kini menjadi tren.

Hal ini dilakukan oleh sekelompok bocah dan remaja tanggung, di Kabupaten Semarang. Hobi unik merekam laju bus di jalan raya dengan telepon seluler demi mendapatkan bunyi klakson “telolet” dari sang sopir bus. Bunyi klakson yang terekam selanjutnya diunggah oleh bocah-bocah itu ke media sosial, seperti YouTube, agar bisa dilihat banyak orang.

Biasanya aksi bocah-bocah ini dilakukan saat  bus-bus malam dari Solo maupun Yogyakarta tujuan Jakarta masuk Kota Ungaran sekitar pukul 15.00 WIB. Aksi merekam klakson telolet ini dengan mudah dijumpai di sepanjang Jl Diponegoro dan Jl HOS Cokroaminoto, Ungaran.

Pasalnya ada semacam kepuasan tersendiri bila si sopir mau membunyikan klakson. Apalagi suara klakson bus unik dan kencang. Selain merekam bunyi klakson, sekelompok bocah ini terkadang merekam lampu rotator, lampu strobo bus, dan aksesori bus lainnya.

Aksi para bocah pemburu telolet ini ternyata tak cuma sekadar iseng. Mereka bahkan membentuk komunitas khusus dan membuat akun khusus, di media sosial sebagai wadah mengunggah video-video rekaman telolet. Kelompok ini sudah tersebar di berbagai lokasi di Jawa, seperti Semarang, Wonosobo, Yogyakarta, Magetan, dan Bekasi.

Berikut ini salah satu video unggahan mereka di Youtube, unik!