Rata-rata program yang memiliki rating tertinggi saat ini adalah acara lawak. Tak terhitung lagi sudah berapa banyak program TV yang menampilkan tingkah kocak para pelawak yang tentunya membuat banyak orang tertawa terpingkal-pingkal.

Tak sedikit orang yang beranggapan bahwa menjadi komedian tak membutuhkan pendidikan yang tinggi, yang dibutuhkan hanyalah selera humor yang mampu menghibur orang banyak. Kenyataannya tidaklah demikian. Banyak lho komedian Indonesia yang kuliah hingga jadi sarjana bahkan master. Hal ini membuktikan bahwa komedian tak hanya harus pintar melawak tapi juga penting berpendidikan agar menghasilkan lawakan cerdas.

Nah berikut ini 5 komedian yang tak hanya cerdas lawakan tapi juga cerdas akademis dengan bergelar sarjana dan master.

1. Indro Warkop – S1 Fakultas Ekonomi Universitas Pancasila, Jakarta

wanitaindonesia.co.id

Indro Warkop nama lengkapnya Drs. H. Indrodjojo Kusumonegoro. Ia meraih gelar sarjana ekonomi di Universitas Pancasila, Jakarta. Pria kelahiran Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia, 8 Mei 1958 ini merupakan satu-satunya anggota grup lawak Warkop yang masih tersisa. Indro bersama grup Warkop memang terkenal dengan lawakan cerdas yang tak pernah terpikir oleh orang kebanyakan.

2. Aming – S1 Fakutas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung (ITB)

liputan6.com

Aming bernama lengkap Aming Supriatna Sugandhi merupakan komedian yang cukup kondang lewat sebuah acara komedi Extravaganza di Trans TV. Selain itu dia juga bintang iklan, bintang sinetron dan film layar lebar. Aming ternyata telah menempuh pendidikan di Program Studi Kria Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung (ITB) dan lulus tahun 2007. Pria kelahiran 7 November 1980 ini berhasil lulus dengan tugas akhir berjudul “Eksplorasi Serat Pandan dengan Teknik Tenun/Anyaman pada Fashion Apparel.”

3. Eko Patrio – S1 Institut Ilmu Sosial dan Politik, Jakarta

Liputan6

Eko Hendro Purnomo atau Eko Patrio adalah pelawak yang tergabung dalam kelompok bernama Patrio. Namanya kini dikenal sebagai seorang politikus dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia dari Fraksi Partai Amanat Nasional yang terpilih selama dua periode (2009-2014 dan 2014-2019). Eko merupakan pelawak cerdas lulusan Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta. Ketika ia lulus kuliah, ia membentuk Patrio bersama Akri dan Parto. Kelompok ini kemudian muncul di Televisi Pendidikan Indonesia dengan acara Ngelaba, dan mulai terkenal.

4. Cak Lontong – S2 Fakultas Teknik Elektro Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

twitter

Lies Hartono atau lebih dikenal Cak Lontong pelawak masa kini yang terkenal dengan lawakan yang lucu dan mengena tanpa merendahkan pihak lain. Lawakannya sederhana dan disampaikan dengan bahasa baku terstruktur, dan terkenal sebagai ahli silogisme dan kadang suka menyelipkan peribahasa ciptaannya. Tak heran memang karena Cak Lontong merupakan seorang insinyur dari Institut Teknologi Sepuluh November.

5. Raditya Dika – S2 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik jurusan Ilmu Politik, Universitas Indonesia

Tribunnews

Raditya Dika dikenal sebagai sosok multi talenta, ia seorang penulis, pelawak, Aktor, komika, model dan sutradara asal Indonesia. Karya-karya jenakanya, seperti Kambing Jantan dan Koala Kumal sukses besar di pasaran, bahkan juga difilmkan. Pria bernama lengkap Dika Angkasaputra Moerwani ini ternyata sosok yang cerdas. Dia menempuh pendidikan sarjana di Adelaide, Australia, lalu melanjutkan kuliah mengambil magister di Ilmu Politik dan konsenstrasi Politik Indonesia di Universitas Indonesia.