Tren teknologi kian tumbuh pesat, dan hal ini juga termasuk ke dalam teknologi alat transportasi. Perusahaan transportasi asal Amerika Serikat, Hyperloop One, dikabarkan sedang mengembangkan teknologi terbaru Hyperloop. Hyperloop merupakan alat transportasi canggih yang bisa melaju hingga 1.207 kilometer per jam.

Hyperloop (Usatoday)
Hyperloop (Usatoday)

Bos Hyperloop One, Elon Musk, menganggap pengembangan teknologi terbaru Hyperloop akan lebih murah, lebih cepat dan lebih baik ketimbang pembuatan alat transportasi lain seperti pesawat dan kapal. Transportasi ini diklaim mampu mengurangi lamanya perjalanan dari Los Angeles menuju San Francisco hanya ditempuh hanya dengan waktu 30 menit saja.

Dilansir dari Usatoday, Senin (16/5/2016), sistem transportasi ini dapat mengubah pemikiran akan mobilitas dan uniknya teknologi ini menggunakan teknologi vakum dalam transportasi. Bentuk Hyperloop ini dibuat mirip kereta. Penumpang nantinya akan dibawa menggunakan gerbong kereta berbentuk tabung yang bergerak menggunakan tenaga listrik.

Hyperloop (Daily Mail)
Hyperloop (Daily Mail)

“Teknologi Hyperloop adalah tentang validasi hadware dan software. Kami memiliki tujuan untuk mencacat rekor tempuh 1.200 km per jam dalam dua detik,” kata Brogan BamBrogan Co-founder & Chief Technology officer Hyperloop One.

Gagasan Hyperloop One yang masuk akal itu jelas mendapat banyak dukungan. Perusahaan Amerika Serikat itu juga baru saja mendapat dukungan dana sebesar USD 80 juta atau lebih dari Rp 1 miliar.

CEO Hyperloop One, Rob Lloyd, berjanji segera melakukan uji coba dalam pengerjaan alat transportasi super cepat ini. Hyperloop menurutnya adalah transportasi nyata yang bisa diwujudkan.

Pihak perusahaan berusaha keras mengembangkan teknologi terbaru transportasi Hyperloop dengan biaya murah tapi tetap memperhatikan keamanan, efisiensi dan tidak berat di ongkos.

Pembuatan teknologi terbaru transportasi Hyperloop saat ini masih dalam tahap pengembangan. Menurut Hyperloop One, teknologi terbaru transportasi Hyperloop super cepat bisa jadi akan dirilis tahun 2020 mendatang.

Kamu bisa lihat video ilustrasinya berikut ini.

(tom)