barcelona (reddit.com)

Jika mendengar nama Benua Eropa tentu dalam benakmu adalah kota maju, modern, dan biaya hidup yang amat tinggi. Siapa bilang? Kota-kota di Benua Eropa berikut ini membuktikan jika biaya hidup ini masih amat terjangkau.

Tak usah ragu lagi jika kamu ingin melanjutkan pendidikan di Eropa, bekerja atau sekadar berlibur. Nah, yuk simak 5 kota di Eropa yang indah dengan biaya hidup rendah.

Tartu

visitestonia.com

Kota yang indah ini jadi kota terbesar kedua di Estonia, dan dianggap sebagai pusat intelektual di negara tersebut. Kota itu menjadi rumah bagi universitas tertua di Estonia, Universitas Tartu.

Tallinn, Estonia

pissup.com

Tallinn merupakan ibu kota Estonia. Kota ini memiliki penduduk sekitar 430.000 jiwa. Terdapat sebuah pusat kota historis di Tallinn yang merupakan sebuah warisan dunia yang dilindungi oleh UNESCO. Biaya hidup di kota ini sangat murah yang sangat didukung dengan situasi politik dan keuangan ibukota Estonia ini tergolong baik serta upah yang meningkat.

Porto, Portugal

scene7.com

Porto merupakan kota terbesar kedua dan tertua Portugal. Sebagai ibukota bagian utara, Porto mempunyai kondisi geografis yang berupa gunung, lengkap dengan dengan sungai dan laut. Namun siapa sangka, jika di kota ini biaya hidupnya lebih murah 70 persen daripada New York.

Thessaloniki

easyjet.com

Kota terbesar kedua di Yunani ini berada di tepi laut dan menjadi pusat transportasi utama di negara tersebut. Kota ini menyediakan banyak lapangan kerja, dan juga menjadi destinasi wisata karena banyak museum bersejarah. Biaya hidup di kota cukup murah.

Barcelona

palingyess.com

Barcelona menjadi kota ketujuh terpadat di Uni Eropa, namun menarik perhatian profesional dan wisatawan dari seluruh dunia. Untuk biaya hidup di Barcelona ini sebetulnya tergolong murah dibandingkan dengan beberapa negara di Eropa lainnya, baik dari segi akomodasi dan juga makanan.