Suguhan wisata yang disajikan Malang, memang tiada hentinya. Di kota ini, kamu dapat menjelajahi berbagai tempat, mulai dari pantai, wisata pendidikan, taman bermain, hingga wisata bersejarah. Kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia ini berada di dataran tinggi, sehingga udaranya sangat sejuk dan menyegarkan. Tentu saja ini menjadi nilai tambah kota Malang sebagai tempat favorit untuk dijelajahi.

Maka tak heran jika banyak traveler yang berlomba-lomba mengunjungi Malang saat libur tiba. Jumlah wisatawan pun melonjak drastis. Lonjakan pengunjung ini akhirnya dapat mengurangi kualitas waktu liburanmu. Nah, supaya masa ini menjadi lebih berkualitas, sebaiknya hindari tempat-tempat mainstream yang tentunya akan sesak oleh jutaan manusia saat hari libur tiba.

Tak perlu khawatir, masih banyak tempat menawan kok di kota Malang, yang tidak terlalu populer, tapi akan memanjakanmu dengan pesonanya yang luar biasa, salah satunya 5 tempat berikut ini.

1. Bercengkrama dengan alam di Pantai Bantol

tribunnews

Pantai Bantol terletak di pesisir selatan, Dusun Sumberceleng, Desa Banjarejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pantai ini sangat direkomendasikan bagi mereka yang sedang penat dengan suasana hiruk pikuk perkotaan karena pantai ini terbilang sepi dan menghadirkan ketenangan. Tak hanya itu, buat kamu para pecinta alam, Pantai Bantol ini pun wajib kamu singgahi, sebab akses menuju pantai ini sangat seru dan penuh petualangan lantaran harus menyurusuri hutan jati.

Di sekitar pantai terdapat sebuah danau air payau serta area hutan mangrove yang tidak terlalu luas. Di waktu senja, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan sunset yang menawan. Oiya, jika kamu penggemar udang lobster, sebaiknya datang saja ke pantai ini!

2. Menikmati Sendunya Malang di Pantai Watu Lepek

ayobolang.com

Satu lagi surga di Malang yang tersembunyi, Pantai Watu Lepek. Pantai Watu Lepek terletak di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Malang Selatan. Pantai Watu Lepek sebenarnya tidak kalah bagus dengan pantai tetangganya, Batu Bengkung yang kini sedang hits, namun lokasinya yang harus melewati bukit membuat pantai ini jarang di kunjungi.

Dari atas bukit, traveler akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan laut yang biru ditambah kicauan burung-burung yang hidup di alam bebas. Posisi pantai yang menghadap ke arah ke barat menyuguhkan keindahan senja yang menakjubkan. Kurangnya minat terhadap pantai ini, tentu menguntungkan bagi sebagian orang, karena di waktu libur tempat ini tak terlalu penuh dan traveler pun akan merasakan sensasi berada di pantai pribadi. Seru bukan?

3. Mengintip cantiknya Air Terjun Coban Jahe

adventure-malang.blogspot.com

Coban Jahe yang terletak di Dusun Begawan, Desa Pandansari Lor, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur ini dikenal juga dengan nama Air Terjun Begawan. Saat kamu singgah di tempat ini, kamu akan disuguhkan panorama air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 45 meter. Batu-batu cadas berukuran raksasa di dinding serta kolam kecil di bawahnya menambah keindahan tempat ini.

Sayangnya, masih banyak orang yang belum tahu akan keberadaan air terjun menawan ini. Namun hal ini malah akan menguntungkanmu, sebab kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang sangat asri. Selain itu, kurangnya minat terhadap tempat spektakuler ini membuat liburanmu lebih privat. Apalagi lokasinya yang masih masuk dalam wilayah perhutani, sehingga alam disekitar coban jahe masih terjaga dengan baik. Meskipun  masih tersembunyi, tapi air terjun Coban Jahe ini masuk dalam kategori air terjun menawan di Malang, lho.

4. Bermain Lewat Sejarah di Museum Malang Tempo Doeloe

555fea180423bd3e388b4569

Meskipun Museum Malang Tempo Doeloe ini sudah cukup dikenal, tapi rasanya ada yang kurang jika kamu tak mengenal Kota Apel di masa lampau. Museum yang baru diresmikan tanggal 22 Oktober 2012 ini menyajikan secara utuh sejarah kota yang sudah ada sejak tahun 1914 tersebut. Mulai dari sejarah pembentukan Kota Malang sejak 1,5 juta tahun yang lalu sampai zaman perjuangan kemerdekaan, semua nampak di sini.

Koleksi Museum Malang Tempo Doeloe ini terbilang lengkap. Di sini kamu bisa menjumpai tembikar yang sudah berusia ratusan tahun, melihat kembali sejarah kerajaan yang pernah ada di Malang, serta melihat berbagai peninggalan sejarah, seperti keris, buku-buku, prasasti dan patung-patung lilin yang dirancang semirip mungkin. Tak hanya itu saja, kamu akan terpukau melihat ilustrasi gua yang menggamarkan tentang tempat bertapa Ken Arok. Menarik bukan? Museum Malang Tempo Doeloe terletak di Jalan Gajahmada, atau tepatnya ada di belakang Balai Kota Malang. Akses menuju tempat ini pun sangat mudah, bisa dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

5. Menikmati sensasi melihat pemandangan kota Malang dari ketinggian di Wisata Paralayang

naturalsunrisetour.com

Keindahan kota Malang yang tiada hentinya, perlu kamu lihat dari sudut pandang lain, yakni dari ketinggian! Paralayang jadi alternatif yang perlu kamu lakukan saat mengunjungi Malang. Wisata ekstrem ini bisa juga disebut sebagai wisata menantang maut, sekaligus cara terbaik untuk menikmati Alam ciptaan Tuhan. Apalagi buat kamu para adrenaline junkie tentunya berada di ketinggian sambil melihat panorama alam menjadi hal menakjubkan, bukan?

Maka dari itu sayang banget dong kalau kamu sudah ada di Malang dan melewatkan terbang tinggi di langit Kota Apel tersebut. Untuk bisa merasakan serunya bermain-main dari ketinggian ini kamu bisa mendatangi salah satu penyedia jasa paralayang yang terpusat di daerah Batu, Malang.

6. Lengkapi kualitas liburan dengan menginap di Hotel AiryRooms

airyrooms.com

Masih banyak wisata di kota Malang yang menawan, sehingga akan membutuhkan waktu yang tak sedikit agar seluruh objek wisata dapat terjamah. Nah, hal yang perlu diperhatikan adalah mendapatkan hotel murah di Malang. Sangat manusiawi jika kamu ingin hotel yang nyaman, fasilitas lengkap, aman dan tentu saja murah. Bukan hal mustahil kok, karena Hotel AiryRooms akan menyuguhkan paket lengkap!

airyrooms.com

Tak percaya? Langsung cek Airy Lowokwaru Sutoyo 22 Malang! Lokasinya sangat strategis, dekat dengan wisata kota Malang yang kekinian, seperti Batu Night Spectaculer dan Jatim Park 2. Selain itu akses menuju Bandara Abdul Rachman Saleh pun begitu dekat! Pemesanannya pun sangat mudah, bisa lewat website AiryRooms, telepon dan whatsapp. Untuk masalah harga, tenang saja, menginap di AiryRooms dapatkan hotel murah dan terjangkau! Tunggu apa lagi! (jow)