Kota Batam yang terletak di Kepulauan Riau bukan hanya terkenal sebagai kota perdagangan, namun juga tempat wisatanya. Ada berbagai macam wisata yang bisa kamu nikmati di kota yang terdiri dari tiga pulau ini, yakni Pulau Batam, Rentam, dan Galang. Ketiga pulau ini dihubungkan oleh jembatan Barelang. Di Batam, kamu bisa menikmati wisata alam, wisata perbukitan, hingga wisata sejarah. Jadi Berita telah merangkum lima spot wisata rekomendasi di Batam yang wajib kamu kunjungi saat kamu pergi berlibur ke Batam. Ini dia JBers!

1. Coastarina Park

Coastarina Park (mvhtourbatam.blogspot.com)
Coastarina Park (mvhtourbatam.blogspot.com)

Spot wisata yang terletak di Pasir Putih, Batam Center ini memiliki luas 150 hektar. Luas ini terdiri dari theme park, Ocarina Water Boom, Kolam Bangau, patung 12 Shio Tradisi Tionghoa, serta kincir angin raksasa yang terletak di bibir pantai. Di sini kamu juga bisa melihat pulau reklamasi yang di atasnya berupa komplek perumahan mewah yang menyerupai bentuk peta dunia terbesar di dunia. Lokasinya sangat dekat dari pelabuhan internasional Batam Center dan bandara Hang Nadim. Jarak tempuhnya sekitar 15 menit.

2. Kampung Vietnam

Kampung Vietnam (print.kompas.com, wego.co.id, yuliaprastikaa.wordpress.com)
Kampung Vietnam (print.kompas.com, wego.co.id, yuliaprastikaa.wordpress.com)

Kampung Vietnam yang terletak di Pulau Galang ini merupakan wisata sejarah yang berkisah tentang orang-orang Vietnam yang mengungsi ke Batam. Pengungsi dari Vietnam ini sering disebut sebagai manusia perahu karena mereka mengungsi dari negara mereka dengan perahu kayu dan terombang-ambing di Laut Tiongkok Selatan selama berhari-hari sebelum akhirnya berlabuh di kota Batam. Kawasan yang masuk dalam kategori museum terbuka ini buka mulai pukul 07.30 hingga 17.30 sore. Di sini kamu bisa melihat kamp-kamp pengungsi, humanity statue yang berupa monumen patung perempuan serta dua perahu kayu yang melambangkan para pengungsi Vietnam. Jika kamu ingin datang ke Kampung Vietnam, kamu bisa menggunakan transportasi darat ke arah selatan kota Batam melalui jembatan Barelang selama 2-2,5 jam perjalanan.

3. Bukit Senyum

Pemandangan dari bukit senyum (www.1001wisata.com, sorotmedia.com)
Pemandangan dari bukit senyum (www.1001wisata.com, sorotmedia.com)

Kalau kamu ingin menikmati indahnya kota Batam saat malam hari, Bukit Senyum merupakan pilihan yang tepat. Kamu bisa memotret keindahan pemandangan kota Batam di malam hari. Wisata perbukitan yang terletak di Tj Uncang, Batu Aji ini sangat ramai dikunjungi saat malam hari, terutama saat malam tahun baru karena dari sini kamu bisa melihat pemandangan kota Singapura, bahkan kamu bisa melihat pesawat datang dan pergi ke bandara Changi.

4. Jembatan Barelang

Jembatan Barelang saat malam dan siang hari(www.sablonkaosbatam.com)
Jembatan Barelang saat malam dan siang hari(www.sablonkaosbatam.com)

Jembatan yang menjadi ikon kota Batam ini memang terlihat sangat artistik. Jembatan Barelang sering dijuluki sebagai Jembatan Habibie karena beliau yang merencanakan pembangunan jembatan ini pada tahun 1992. Terletak di Jalan Trans Balerang Bulang, jembatan ini seringkali dijadikan latar berfoto para wisatawan. Jika kamu datang saat malam hari, kamu bisa melihat pemandangan jembatan ini sangat cantik dengan kerlap kerlip lampunya.

5. Pantai Sekilak

Pantai Sekilak (pasirpantai.com)
Pantai Sekilak (pasirpantai.com)

Pantai lain yang bisa kamu kunjungi saat ke Batam adalah pantai Sekilak yang berjarak sekitar 5 km dari Bandara Internasional Hang Nadim, tepatnya di Jalan Teuku Umar, Kampung Seraya Batu Ampar. Ombaknya yang tenang menjadikan banana boat favorit di sini. Selain itu, di pantai yang berpasir putih ini dibuat sebuah teluk buatan yang dinamakan Teluk Penyu yang sengaja dibuat dengan kedalaman 3-4 meter agar wisatawan bisa melihat beragam ikan cantik dan penyu dengan naik kano, kayak, dragon boat, atau sepeda air.

Setelah tahu spot-spot wisata yang seru di Batam, tentunya kamu juga harus memikirkan tempat menginap murah di Batam. Kamu bisa booking hotel murah di AiryRooms. Ada kurang lebih 12 pilihan hotel murah di Batam yang ditawarkan oleh AiryRooms, mulai dari harga Rp 250.000 hingga Rp 350.000 per malamnya. Dengan harga yang sangat terjangkau tersebut kamu bisa menikmati berbagai fasilitas seperti WiFi gratis yang super kencang, TV layar datar agar kamu tidak bosan saat beristirahat di kamar, air hangat untuk mandi agar stamina kamu tetap terjaga saat liburan, tempat tidur yang bersih dan nyaman, pendingin ruangan, air minum gratis, hingga perlengkapan mandi pun sudah disiapkan untuk kamu.

Lalu bagaimana caranya jika ingin booking hotel murah di AiryRooms? Caranya sangat mudah kok JBers, kamu tinggal klik situsnya www.airyrooms.com dan masukkan nama kota yang kamu inginkan, contohnya Batam. Setelah itu kamu akan menemukan deretan hotel murah di Batam. Kamu tinggal pilih tipe dan jumlah kamar, lalu pesan deh! Informasi detail pemesanan dan cara pembayaran akan dikirimkan lewat email kamu. Mudah bukan? Semoga liburan kamu ke Batam jadi lebih mudah dan menyenangkan ya JBers!