5 Lagu Lokal yang Bisa Bangkitkan Semangat Nasionalisme


Hari ini, tanggal 20 Mei, diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Hari Kebangkitan Nasional ditandai dengan berdirinya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908. Untuk membangkitkan semangat nasionalisme, kita bisa merayakan peringatan ini dengan mendengarkan deretan lagu lokal keren berikut, seperti yang sudah dihimpun jadiBerita.

1. Pee Wee Gaskins – Dari Mata Sang Garuda

Lagu “Dari Mata Sang Garuda” bisa dibilang sebagai salah satu lagu Pee Wee Gaskins yang sering diputar di berbagai radio dan televisi sampai sekarang. Lirik nasionalis karya PWG di lagu ini memang cocok untuk membangkitkan semangat anak muda. Dan ternyata lagu ini tak pernah absen dari tur mereka di luar negeri.

2. Efek Rumah Kaca – Menjadi Indonesia

https://www.youtube.com/watch?v=t7NK0nkIpJA

Lagu yang ada di album kedua Efek Rumah Kaca ini mengajak kita untuk nggak bermalas-malasan, dan harus bangkit mengejar mimpi yang ada. Lewat lagu ini, Efek Rumah Kaca ingin membangkitkan semangat para pemuda untuk kembali “menjadi Indonesia.”

3. Jirapah – Lapang

Lagu berbahasa Indonesia pertama Jirapah ini dibuat untuk mengisi kompilasi “Frekuensi Perangkap Tikus” dari Indonesia Corruption Watch (ICW). Lirik lagu ini mengajak kita untuk menyingkirkan segala ketamakan di hati, jauhi keinginan untuk memiliki serba lebih, dan tak korupsi.

4. Superman Is Dead – Menjadi Legenda

Lagu yang diambil dari album “Sunset di Tanah Anarki” ini mengajak kita untuk terus bertahan meski banyak rintangan di negeri ini, karena sebenarnya negara ini sangat kaya dan kuat.

5. Ebiet G Ade feat Lâ??alphalpha â?? Orator

“Orator” adalah karya lama dari musisi senior Indonesia Ebiet G Ade yang didaur ulang bersama band Lâ??alphalpha. Lirik lagu ini mengajak kita untuk bersama-sama memberantas korupsi dan penjahat di Indonesia. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak