5 Wisata Petualangan di Lombok yang Tak Boleh Dilewatkan

    Pesona Pulau Lombok telah tersohor hingga ke pelosok negeri dan luar negeri. Pulau ini menjadi salah satu destinasi favorit di Indonesia yang akan memanjakanmu dengan wisata yang beraneka ragam.

    Pulau dengan luas sekitar 5.435 Km2 berada di sebelah Timur Pulau Bali dan merupakan bagian dari Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau utamanya dikelilingi oleh beberapa pulau kecil. Masyarakat setempat menyebut pulau-pulau itu dengan sebutan Gili.

    Untuk kamu yang mencintai binatang serta tumbuhan, jangan terkejut bila menemukan Flora dan Fauna yang mirip dengan yang ada di Australia. Karena Pulau Lombok Indonesia ini merupakan garis batas antara Flora-Fauna Asia dan Australia.

    Bagi kamu pecinta petualangan seru dan begitu mengagumi Indonesia, yuk singgahi Pulau Lombok dengan berkunjung ke 5 tempat ini.

    1. Gunung Rinjani

    trekkingrinjani.com

    Petualangan terbaik akan kamu dapatkan saat mendaki Gunung Rinjani. Gunung yang merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 m dpl ini akan menyuguhkan kombinasi savanna, hutan tropis, danau di ketinggian 2000 mdpl, sampai puncak yang eksotis.

    2. Hutan Mangrove Gili Sulat

    travelofiesta.com

    Berpetualangan di Hutan Mangrove Gili Sulat sangat menyenangkan. Hutan yang secara administratif termasuk wilayah Kabupaten Lombok Timur ini memiliki panjang sekitar 5,2 kilometer ini. Di sini kamu bisa menyaksikan hutan bakau yang masih alami dan berbagai spesies burung hidup di hutan tersebut. Salah satunya adalah Burung Bertong atau Burung Maleo (Macrocephalon maleo) yang mendunia.

    3. Air Terjun Benang Kelambu

    Air Terjun Benang Kelambu berada di kaki Gunung Agung, tepat di tengah-tengah Pulau Lombok. Wisata yang terletak sekitar 32 Kilometer dari Kota Mataram ini memiliki pemandangan yang eksostis, yakni dua terjunan, dengan ketinggian masing-masing sekitar 20 Meter. Pemandangannya yang indah dan airnya sangat jernih dan menyegarkan, membuat penatmu hilang seketika. Di bagian dasar air terjun terdapat cekungan yang besar dan cukup dalam. Di sini kamu bisa berpetualang dan memacu adrenalin dengan melompat dari ujung air terjun ke kolam yang jernih dan segar. Berani coba?

    4. Teluk Ekas

    id.lombokindonesia.org

    Jika kamu senang berpetualangan dan menyatu dengan warga sekitar, kamu wajib banget singgah di Teluk Ekas. Teluk Ekas merupakan wilayah yang terpencil dan sangat tenang, sangat tepat untuk kamu yang berjiwa petualang. Wilayah pantai ini sangat minim fasilitas, sehingga kamu harus mempersiapkannya sendiri. Di tempat ini kamu bisa tinggal bersama nelayan setempat dalam kesederhanaan hidup. Teluk Ekas diselimuti hamparan pasir putih yang berkilauan, nampak seperti sebuah gurun permata. Namun dari itu semua, hal yang paling menarik dari Teluk Ekas adalah aktivitas para nelayan. Di tempat ini kamu bisa menemui sekitar 50 pondok apung dengan sampan yang bersandar disampingnya.

    5. Desa Sembalun

    gililombok.com

    Desa Sembalun merupakan desa pemasok bumbu dan rempah terbesar di Pulau Lombok dan Nusa Tenggara Barat. Desa ini terletak di Kecamatan Sembalun, berada di kaki Gunung Rinjani, dengan ketinggian sekitar 1.156 Mdpl. Desa ini sangat cocok dengan jiwa petualang, karena ada banyak kegiatan yang dapat kamu lakukan di sini, misalnya ikut memanen rempah-rempah, padi, tomat, dan kentang. Tak hanya itu saja, kamu pun harus berkeliling dan menjelajah wilayah Desa Sembalun Lombok ini, dengan mendaki bukit kecil yang berada di tepian desa. Dari puncaknya kamu akan merasakan suasana syahdu pedesaan dari ketinggian dengan latar belakang Gunung Rinjani yang megah.