Kamu tahu food fusions atau mash ups yang sedang jadi tren di dunia kuliner belakangan ini? Food fusions atau mash ups adalah menyatukan dua menu kuliner yang berbeda sehingga menciptakan satu citarasa yang unik, khas, serta berbeda dari kuliner sebelumnya. Ada yang memadukan dua kuliner cepat saji seperti ramen dan burger, cake dengan sushi, ada juga yang memadukan kuliner tradisional dengan kuliner dari negara lain. Perpaduan menu kuliner tradisional dengan kuliner dari negara lain tentunya akan memberikan citarasa tersendiri dan membuat kuliner tradisional tersebut naik pangkat karena bisa disajikan secara global alias internasional. Ingin tahu kuliner Indonesia apa saja yang sedang naik pangkat jadi lebih modern? Ini dia listnya JBers!

1. Martabak

Martabakku Rev Velvet Oreo dan Mozarella(eatandstructure.blogspot.com)
Martabakku Rev Velvet Oreo dan Mozarella(eatandstructure.blogspot.com)

Martabak di Indonesia dikenal dengan dua jenis, yakni martabak telur dan martabak manis. Martabak telur biasanya berisi telur ayam atau bebek yang dipadu dengan daging cincang dan juga irisan daun bawang. Sedangkan martabak manis biasanya berisi kacang tanah sangrai, meises, serta parutan keju. Namun, sekarang martabak telur sudah lebih bervariasi dengan penambahan keju mozarella sehingga citarasanya lebih gurih dan bervariasi. Untuk martabak manis lebih banyak lagi varian toppingnya seperti nutella, oreo, kitkat, hingga cream cheese. Adonannya pun tak lagi berwarna kuning kecoklatan, tapi juga ada yang berwarna merah yang memiliki rasa rev velvet, hijau yang memiliki rasa green tea, dan juga hitam yang memiliki rasa blackforest. Jika kamu ingin mencoba varian rasa yang unik di atas, kamu bisa memesannya di Martabakku dan juga Martabak Blackpoll yang ada di Jakarta.

2. Rendang

Spaghetti Rendang (qraved.com)
Spaghetti Rendang (qraved.com)

Rendang memang sudah dikenal oleh dunia sebagai makanan khas Indonesia yang memiliki citarasa otentik yang sangat kuat. Kalau kamu bosan menyantap rendang bersama dengan nasi putih hangat dan sambal ijo khas rumah makan Padang, kamu bisa mencoba spaghetti rendang yang memadukan pasta khas Italia dengan rendang khas Padang. Sudah banyak restoran Italia yang menyajikan menu spaghetti rendang seperti Enigma Restaurant yang ada di Serpong Utara. Selain itu rendang juga bisa kamu temukan untuk isian sushi seperti yang ada di Suntiang, Jakarta Selatan.

3. Es Teler

Es Teler Cake (blogs.clicks.my.id)
Es Teler Cake (blogs.clicks.my.id)

Minuman segar yang pas diseruput saat terik di siang hari ini memang sudah menjadi favorit masyarakat Indonesia. Es teler yang sudah ada sejak tahun 1957 terdiri dari alpukat, kelapa muda, nangka, susu kental manis, santan, serta es serut. Citarasanya yang manis berpadu dengan gurihnya santan. Belakangan ada inovasi baru dari es teler, yakni es teler cake. Es teler cake merupakan cake dengan citarasa khas es teler. Isian serta toppingnya pun menggunakan kelapa, nangka, serta alpukat. Es teler cake ini bisa kamu nikmati di AMKC Atelier yang ada di Senayan.

4. Seblak

Sushi Seblak (cdn-2.tstatic.net)
Sushi Seblak (cdn-2.tstatic.net)

Camilan khas kota kembang ini ternyata sudah naik pangkat dari camilan pinggir jalan jadi makanan restoran. Sushi seblak, inovasi kuliner yang memadukan kuliner Jepang dengan Indonesia. Seblak yang terbuat dari olahan kerupuk, cabai, dan bumbu dapur lainnya dipadu menjadi isian gulungan sushi yang sudah diberi nori. Citarasanya? Tentu saja sangat unik karena aroma kencur yang merebak dari seblak berpadu dengan gurihnya nori. Di Bandung, kamu bisa menemukan sushi seblak yang menjadi menu favorit di SG7.

5. Onde-onde

Onde-onde Green Tea (graved.com)
Onde-onde Green Tea (graved.com)

Jika biasanya onde-onde hadir dengan isian kacang hijau, kali ini onde-onde hadir dengan varian isi dan rasa yang lebih modern. Tak mau kalah dengan martabak manis yang memiliki varian rasa yang modern, onde-onde juga hadir dengan varian isi dan rasa green tea, red velvet, cokelat, dan juga keju. Onde-onde dengan isi dan varian rasa yang berbeda ini sudah banyak dijual secara online dalam bentuk beku. Namun, kalau ingin mencobanya langsung, kamu bisa datang ke restoran Suntiang yang ada di Setiabudi.

Unik-unik bukan perpaduan kuliner Indonesia di atas yang naik pangkat jadi lebih modern. Kamu penasaran ingin coba yang mana JBers? (jow)