Sunset di Pantai Lalaos (travel.detik.com)

Jika kamu sedang bepergian atau traveling ke Sulawesi, jangan lupa untuk menyempatkan datang mengunjungi kota Toli-toli yang berada di Sulawesi Tengah. Toli-toli terkenal sebagai penghasil cengkeh terbesar di Indonesia, bahkan di pusat kota Toli-toli dibangun sebuah tugu cengkeh yang menjadi ikon kota tersebut. Iklim Sulawesi yang agak panas sangat berbanding terbalik dengan iklim yang ada di Toli-toli karena di sana kamu akan disuguhi udara yang sejuk karena banyaknya bukit-bukit, gunung, sawah, serta pantai dengan laut lepas. Salah satu pantai yang menjadi kebanggaan warga Toli-toli adalah Pantai Lalos

Tugu Cengkeh di Toli-toli (telukpalu.com)
Tugu Cengkeh di Toli-toli (telukpalu.com)

Pantai Lalos terletak di kecamatan Galang. Jaraknya sangat dekat dengan pusat kota Toli-toli. Jika menempuh perjalan dengan kendaraan bermotor, kamu hanya memerlukan waktu kurang lebih 20 menit untuk sampai ke sana. Tapi jangan berharap ada kendaraan umum di sana, kalau kamu tidak membawa kendaraan pribadi, kamu harus menyewa motor atau mobil atau bisa juga menyewa angkutan umum yang ada di kota jika ingin lebih murah. Biasanya untuk menyewa angkutan umum ini, kamu dikenakan tarif sekitar Rp 50.000-Rp 100.000 per angkutan umum.

Pantai Lalos di Siang Hari (nationalgeographic.co.id)
Pantai Lalos di Siang Hari (nationalgeographic.co.id)

Jika kamu datang dari Bandara Sultan Bantilan, jaraknya malah lebih dekat lagi. Hanya sekitar lima hingga tujuh menit untuk sampai ke Pantai Lalos. Saking dekatnya, saat pesawat kamu akan mendarat, indahnya Pantai Lalos akan langsung terlihat dengan jelas. Jadi jangan tidur yah saat akan mendarat karena kamu bisa melewatkan pemandangan Pantai Lalos secara keseluruhan dari atas. Sayang-sayang khan?

Perahu Nelayan di Pantai Lalos (www.travelmatekamu.com)
Perahu Nelayan di Pantai Lalos (www.travelmatekamu.com)

Saat kamu tiba di pantai ini, kamu akan disambut dengan pasir Pantai Lalos yang berwarna coklat keemasan dengan suara deburan ombak biru yang menari-nari menyambar pinggiran pantai. Belum lagi para perenang, penyelam serta nelayan yang sedang bekerja melaut akan menambah lengkapnya pemandangan lanskap Pantai Lalos. Di sini, kamu juga bisa snorkeling juga loh karena terumbu karang di Pantai Lalos ini sangat indah. Kedalaman terumbu karang yang ada di sini mencapai empat hingga enam meter.

Pisang Goreng Sambal (akmasuatan.wordpress.com)
Pisang Goreng Sambal (akmasuatan.wordpress.com)

Jika kamu hanya ingin menikmati pemandangan di Pantai Lalos dan tidak ingin bermain air, kamu bisa duduk-duduk manis di gazebo yang sengaja disewakan oleh penduduk setempat. Harga sewanya mulai dari Rp 30.000 hingga Rp 100.000. Sambil duduk-duduk manis, kamu juga bisa menyantap camilan khas dari Sulawesi yakni pisang goreng yang dicocol dengan sambal.

Sunset di Pantai Lalaos (limitsize.files.wordpress.com)
Sunset di Pantai Lalaos (limitsize.files.wordpress.com)

Waktu yang tepat untuk datang ke Pantai Lalos adalah sore hari, karena kamu akan mendapat bonus indahnya pemandangan sunset alias matahari terbenam yang berpadu dengan jingganya langit serta biasan cahaya matahari yang menerpa ombak. Keindahannya benar-benar membuat kamu ingin mengabadikannya lewat jepretan foto. Saking indahnya, sunset di Pantai Lalos ini bahkan bisa mengalahkan sunset yang ada di Pantai Kuta, Bali. Jadi penasaran khan JBers? Yuk langsung agendakan liburan kamu ke Pantai Lalos di Toli-Toli, Sulawesi Tengah. (jow)