Wisata London (www.emptyrucksack.com)

Keliling Eropa merupakan impian para traveler di dunia dan tentunya London selalu masuk dalam daftar list traveling tersebut. Tak banyak traveler yang bisa menjajakkan kakinya di London, salah satu alasannya adalah London merupakan salah satu kota termahal di dunia. Oleh karena itu, jika kamu ingin traveling ke sini, kamu harus menyiapkan budget yang ekstra sehingga perjalanan kamu tidak akan terganggu oleh urusan kehabisan dana saat sedang traveling. Meski membutuhkan budget yang ekstra, namun keinginan untuk traveling ke kota yang satu ini susah untuk dibendung. Ada banyak objek wisata yang populer di London, namun dari sekian banyaknya ada lima objek wisata terbaik yang wajib kamu kunjungi saat traveling ke London. Ingin tahu lima objek wisata tersebut? Ini dia JBers!

1. Big Ben Clock Tower

Big Ben Clock Tower (www.amazingworldplaces.com)
Big Ben Clock Tower (www.amazingworldplaces.com)

Elizabeth Tower atau yang lebih dikenal dengan nama Big Ben Clock Tower merupakan ikon kota London paling populer. Menara jam yang menjadi landmark kota London ini terletak di ujung Westminster Bridge yang merupakan bagian ujung sebelah timur dari Palace of Westminster atau yang sekarang disebut Houses of Parliament. Big Ben Clock Tower dibangun pada tahun 1858 sebagai bagian dari rekonstruksi Palace of Westminster yang mengalami kebakaran pada tahun 1834. Menara jam ini dibangun oleh arsitektur gothic style berkebangsaan Inggris bernama Augustus Pugin. Jarum jam pada Big Ben sangat akurat dan selalu dicek dua kali sehari oleh Greenwich Observatory. Big Ben Clock Tower ini tidak boleh dimasuki turis mancanegara kecuali warga lokal United Kingdom seperti Inggris, Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara. Jadi kamu harus berpuas diri dengan berfoto-foto di di luarnya saja ya JBers.

2. Stonehenge

Stonehenge (img1.rebuzz.us)
Stonehenge (img1.rebuzz.us)

Stonehenge merupakan situs bersejarah yang masuk dalam jajaran situs warisan dunia UNESCO. Stonehenge sangat sering muncul di beberapa film dan juga komik seperti Asterix dan Obelix. Awalnya sekelompok batu-batu ini merupakan konstruksi engineering yang sangat menakjubkan pada zamannya, namun pada awal abad ke-20  kebanyakan dari batu-batu tersebut tak lagi tegak berdiri alias sudah berubah dari bentuknya semula. Hal ini diakibatkan banyaknya wisatawan yang menaiki Stonehenge karena rasa keingintahuan mereka yang sangat besar. Meski telah dilakukan hingga tiga tahap renovasi untuk mengembalikan batu-batu yang miring seperti semula, tetap saja tidak bisa mirip 100% dengan bentuk aslinya. Bagi kamu yang ingin datang ke sini, lokasinya berada dekat dengan Amesbury di Wiltshire, sekitar 13 km dari barat laut. Tiket masuk ke sana sekitar £27 yang sudah termasuk tiket PP shuttle bus yang mengantar kamu.

3. Windsor Castle

Windsor Castle (uclu.org)
Windsor Castle (uclu.org)

Windsor Castle merupakan salah satu kastil di Windsor, Beckshire yang paling terkenal di Inggris. Kastil ini menjadi kastil tertua di dunia yang masih dihuni dan menjadi hunian bagi 39 raja dan ratu Inggris. Selain Istana Buckingham, kastil inilah yang menjadi tempat menerima kunjungan kenegaraan. Ada sekitar 500 orang yang tinggal dan bekerja di kastil ini sehingga meski tampak tua, namun kastil ini tetap terawat apik. Kastil ini buka setiap harinya dan untuk tiket masuk sangat beragam harganya, tergantung identitas kamu. Orang dewasa dikenakan £17.75, namun jika kamu menunjukkan kartu pelajar kamu hanya dikenakan £16.15.

4. Lake District

Lake District (www.traveliouz.com)
Lake District (www.traveliouz.com)

Lake District merupakan taman nasional terbesar yang ada di Inggris. Letaknya berada di sebelah barat utara Inggris, yakni di daerah Cumbria. Lake District menjadi objek wisata terbaik menurut para wisatawan karena daya tarik utamanya yang terletak pada danau, gunung, serta bukit yang diukir indah oleh erosi glasial alami sehingga menghasilkan landmark yang sangat apik dan memanjakan mata. Lake District juga menjadi tujuan utama untuk hiking dan mendaki gunung di Inggris. Bagi kamu yang ingin mengelilingi taman ini tanpa berjalan kaki, kamu bisa naik kereta di Stasiun Haverthwaite yang akan membawa kamu ke tepi Danau Windermere, salah satu dari 19 danau yang ada di Lake District. Stasiun dan kereta yang ada di sini sangat klasik sekali.

5. Warwick Castle

Warwick Castle (openbuildings.com)
Warwick Castle (openbuildings.com)

Tak jauh berbeda dengan Windsor Castle, Warwick Castle adalah kastil tua yang dibangun pada abad pertengahan. Kastil yang menjadi potret arsitektur militer yang paling terkenal di abad ke-17 ini  mulai dijadikan objek wisata sejak tahun 1978. Hampir lebih dari setengah juta wisatawan setiap tahunnya berkunjung ke kastil ini. Warwick Castle yang letaknya hanya sekitar 1-1,5 jam saja dari Birmingham ini buka setiap harinya mulai pukul 10.00 hingga 17.00 sore. Untuk tiket masuknya sekitar £18 yang bisa dibeli di warwick-castle.com beberapa hari sebelumnya, namun jika membeli langsung ditempat alias on the spot tiketnya lebih mahal yakni mencapai £25.

Sudah tahu khan kelima objek wisata terbaik di London, jadi jangan lupa untuk mengunjungi kelima objek wisata di atas ya JBers saat kamu traveling ke London!

Sumber : Traveliouz: 10 Best Places to Visit and Things to Do in London