Setelah mengumumkan kelulusan beberapa waktu yang lalu dan menduduki peringkat 3 sonsenkyo, member JKT48 asal Jepang, Haruka Nakagawa, kembali memberi kejutan kepada fans grup idol tersebut. Tak tanggung-tanggung, gadis 24 tahun itu bakal bersepeda dari Jakarta ke Surabaya.

“Sebelum keluar, aku selalu bilang agar JKT48 bisa selalu maju dan mencoba (hal baru). Nah, (kalau) aku cuman ngomong doang, aku nggak enak gitu buat adik-adik aku, (jadi aku) coba memberikan contoh ke mereka dengan mencoba sesuatu yang baru, dan (itulah kenapa) aku pilih bersepeda dari Jakarta ke Surabaya,” kata Haruka saat ditemui di Loby mall FX Sudirman, sebelum berangkat ke Surabaya, seperti dikutip dari Kapanlagicom, Selasa (24/5/2016).

Haruka bersepeda (JKT48 Project)
Haruka bersepeda (JKT48 Project)

Rute yang dilalui Haruka berawal dari FX Sudirman, dan akan berakhir di lokasi konser JKT48 bertajuk “Wayahe Suroboyo Rek!!” di Surabaya, yang akan berlangsung bulan depan, tepatnya pada tanggal 3 Juni.

Lalu kenapa Haruka memilih sepeda sebagai alat transportasinya? “Kalau pesawat biasa aja, kalau mobil biasa aja dan kalau lari terlalu jauh. Dan menurut aku naik sepeda itu keren banget, lagipula aku beberapa kali juga pernah ikut marathon. Sepeda ini baru pertama kali,” lanjutnya sambil setengah bercanda.

Tentunya butuh persiapan ekstra yang harus dilakukan Haruka. Untuk itu, Haruka mengaku telah berlatih secara diam-diam selama satu minggu bersama pelatih sepeda profesional.

Haruka bersepeda (JKT48 Project)
Haruka bersepeda (JKT48 Project)

“Latihan bersepeda sudah dari kemarin-kemarin, seperti naik turun (tanjakan dan turunan), kena macet, kena lampu merah itu harus bagaimana atau latihan pas di jalan. Bagaimana harus mengatur minum dan berbicara, jadi persiapannya sudah cukup matang. Semoga 800 Km perjalanan ke Surabaya bisa,” jelas Haruka bersemangat.

Lebih lanjut, Pak Parno selaku pelatih mengatakan kalau Haruka sudah siap secara fisik dan mental. “Untuk kesiapan, basic bersepeda Haruka sudah ada, speed-nya juga bisa diketahui sampai berapa, jadi semoga lancar,” katanya.

Sementara itu, Haruka rencananya akan bersepeda melewati rute Pantura. Tantangannya tentu berbagi jalan dengan kendaraan besar seperti truk dan bis.

“Rute, cukup beda, jarak panjang, dan didominasi kendaraan besar, dan ada kondisi kita ambil etape panjang, tapi nanti kembali lagi ke (kondisi) Haruka,” sambung Pak Parno.

Sedikit rasa takut juga dirasakan Haruka yang mengaku belum pernah melihat langsung ganasnya jalur pantai utara Jawa ini. Namun keinginan besarnya buat berjumpa dengan fans membuat Haruka mengubur rasa takutnya itu dalam-dalam.

Haruka bersepeda (JKT48 Project)
Haruka bersepeda (JKT48 Project)

“Aku memang agak takut (dengan rute yang akan ditempuh), tapi karena pengen juga ketemu fans di sepanjang Pantura, aku jadinya semangat. Kalau biasanya fans yang menemui di Theater atau konser, kali ini aku yang akan menemui fans sepanjang Pantura. Jadi kalau ketemu aku di jalan bisa sapa Halo Haruka dan juga kasih semangat,” ujarnya.

Selama kurang lebih 2 pekan, Haruka akan bersepeda setiap harinya sejauh 60 km dan dilakukan dari pagi hari ke siang hari. Fans dan masyarakat bisa menyalurkan dukungannya lewat media sosial, baik tweet, foto, atau video dengan tanda tagar #goIONgoharuka.

Tetap semangat untuk Haruka. (tom)