Ir. Soekarno merupakan sosok kharismatik yang menjadi proklamator kemerdekaan Indonesia dan berkarakter tegas. Berbicara mengenai sosok Bung Karno, memang tiada habisnya. Meskipun beliau telah tiada, namanya tetap harum, jasa nya selalu terkenang dalam setiap sanubari rakyat Indonesia.

Pria kelahiran 6 Juni 1901 ini tersohor dengan pidatonya yang membuat darah mengalir cepat, rasa nasionalisme tiba-tiba meningkat 100 persen, dan kamu bakal lebih bergairah membangun negeri di masa-masa mendatang.

Tak hanya tentang nasionalisme, kutipan tentang percintaan beliau pun amat membekas dan kerap bikin merinding. Untuk mengenang beliau, yuk simak kumpulan kutipan dahsyat Bung Karno yang bakal kamu merinding.

“Tuhan tidak merubah nasib suatu bangsa sebelum bangsa itu merubah nasibnya sendiri”

kompasiana.com

Kutipan Bung Karno yang satu ini amat melegenda. Hingga kini, kalimat ini selalu terngiang dan kerap dijadikan bahan orasi mahasiswa saat menggelar demonstrasi atau pidato Ketua BEM saat penyambutan mahasiswa baru. Tak hanya itu saja, quote ini pun selalu dituliskan besar-besar saat Pemilihan Umum tiba agar masyarakat tak golput.

“Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia”

jagokata.com

Betapa dahsyatnya peran pemuda terhadap nasib suatu bangsa, tertuang dalam kutipan Bung Karno yang satu ini. Bung Karno yakin dan percaya jika peran pemuda sangat besar hingga dapat mengguncangkan dunia, daripada peran orang tua.

“Kalau perempuan itu baik, maka jayalah negara. Tetapi kalau perempuan itu buruk, maka runtuhlah negara.”

penasoekarno.wordpress.com

Sosok Soekarno memang terkenal sebagai pria yang dapat menaklukan hati wanita. Namun lepas dari itu, Soekarno berani ‘menggantungkan’ negara terhadap perempuan. Jika kalian wanita yang mencintai negeri, jadilah perempuan baik agar negara ini tidak runtuh, ya.

“Aku kembali ke Bandung, dan kepada tjintaku yang sesungguhnya.”

sayangi.com

Tak hanya nasionalisme yang tinggi, Soekarno pun kerap menggunakan kata-kata kepada para wanitanya. Kalimat sakti Soekarno sungguh berkualitas, tak heran banyak wanita yang terpikat oleh pesona Bung Karno. Salah satunya kutipan romantis Bung Karno kepada Bu Inggit Garnasih, sang wanita dari Kota Kembang.

â??Kalau aku mati, kuburlah aku di bawah pohon yang rindang. Aku mempunyai seorang istri, yang aku cintai dengan segenap jiwaku. Namanya Ratna Sari Dewi. Kalau ia meninggal kuburlah ia dalam kuburku. Aku menghendaki ia selalu bersama aku.â?

penasoekarno.wordpress.com

Romantis bukan? Para wanita dijamin meleleh dan berharap punya kekasih seperti Bung Karno. Kalimat ini ditujukan kepada sang istri Ratna Sari Dewi, wanita keenam yang dinikahi Soekarno asal Tokyo. Kecantikan gadis Jepang yang bernama asli Naoko Nemoto ini mampu meluluhkan hati Bung Karno untuk mempersuntingnya.