5 Film Hollywood Berbudget Rendah Tapi Sukses Tembus Box Office

Pembuatan film sekelas Hollywood, memang kerap menelan biaya produksi yang sangat besar. Dalam satu film, menggunakan budget sebesar Rp 1 triliun merupakan hal yang wajar. Hasilnya pun begitu menajubkannya, berbagai macam efek-efek khusus diberikan pada penonton agar terasa begitu nyata.

Selain efek, keseriusan para senias Hollywood dalam membuat sebuah karya juga sangat tinggi, seperti kostum, latar tempat, belum lagi barang-barang yang digunakan dalam film yang bukan barang murahan.

Namun ternyata dari sekian banyak film yang mengeluarkan biaya produksi fantastis, ada juga lho beberapa film dengan biaya produksi yang sedikit tapi tetap mampu menembus jajaran box office dan menghasilkan keuntungan yang fantastis. Berikut 5 film budget rendah yang meraup keuntungan sangat besar.

1. SAW

hubstatic.com

Kamu tentu tak asing dengan film horor berjudul SAW ini. Film yang dikenal dengan ikon boneka Jigsaw yang sadis ini ternyata bermula dari sebuah film pendek, lho. Film yang menyajikan pembunuhan sadis yang tak biasa ini berlanjut hingga sekuel ketujuh dan sempat memperoleh penghargaan dari Guinness World Records sebagai film franchise horor sepanjang masa. Di balik kesuksesan SAW ini, ternyata tidak memerlukan biaya besar, yakni budget produksi sebesar USD 1,2 juta film tapi mampu menghasilkan keuntungan besar yakni USD 103 juta!

2. Rocky

alphacoders.com

Film ini juga tentunya tak asing bagi kamu penggemar Hollywood. Rocky diperankan oleh aktor senior, Sylvester Stallone yang berperan sebagai seorang petinju. Film ini mengisahkan tentang perjuangan seorang petinju yang harus berhadapan dengan petinju kelas dunia. Siapa sangka film yang hanya mengeluarkan budget sebesar USD 995 ribu ini, mampu menjadi salah satu film box office kelas dunia yang mampu menghasilkan keuntungan sampai USD 225 juta pada tayangan perdananya!

3. The Blair Witch Project

atomuniverse.net

The Blair Witch Project hanya bermodalkan USD 60 ribu atau sekitar Rp 806 juta yang dibuat hanya dengan handycam! Film yang menceritakan tentang tiga orang mahasiswa yang membuat sebuah film dokumenter mengenai legenda lokal Blair Witch ini, jadi salah satu film yang jadi viral. Bahkan banyak yang awalnya mengira film ini merupakan kejadian nyata lho! Tak ayal The Blair Witch Project mampu meraih keuntungan sebesar USD 248 juta atau setara 3,3 Triliyun rupiah.

4. The Conjuring

cinemagogue.com

Siapa tak tahu The Conjuring? Film yang dirilis pertama tahun 2013 ini berhasil menciptakan kejutan bagi para pencinta film horror. Film ini menceritakan investigator kejadian paranormal, Ed dan Lorraine Warren yang berusaha membantu sebuah keluarga yang dihantui oleh sesuatu mengerikan di rumah mereka. Ternyata film The Conjuring yang populer ini diproduksi dengan budget yang tidak terlalu besar, yaitu 20 juta dollar atau sekitar Rp 270 Miliar, dan menghasilkan pendapatan Rp 4,3 triliun dari seluruh dunia. Para penggemar pun menantikan sekuel film ini yang siap untuk dirilis pada tahun ini.

5. Paranormal Activity

msecnd.net

Paranormal Activity jadi film horor paling fenomenal. Sejak awal pembuatannya hingga saat ini, Paranormal Activity masih eksis dan berhasil menarik perhatian banyak orang. Uniknya, film yang beredar hingga 5 sekuel ini adalah film dengan budget termurah namun berpenghasilan terbesar. Bagaimana tidak, film ini hanya dibuat dari rekaman kamera genggam yang didireksikan oleh Oren Peli selama 7 hari. Pada film pertama, budgetnya 15.000 US Dolar berhasil memberikan keuntungan 193 juta US Dolar. Sedangkan di film kelimanya, keuntungan film Paranormal Activity mencapai 805 juta US Dolar. Fantastis!

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...