Menonton di bioskop mungkin sudah menjadi hobi dari kebanyakan orang Indonesia. Bila ada film baru, entah itu film Hollywood atau film Indonesia, para pecinta film tak akan ragu untuk menonton film yang ditunggunya itu di bioskop, meskipun bioskopnya berada jauh dari rumahnya. Menurut kamu, berapa ukuran layar bioskop yang termasuk besar? Mungkin ukuran yang kamu tahu belum seberapa besar jika dibandingkan dengan 5 layar bioskop berikut ini, yang diklaim terbesar di dunia.

1. Cinemaxx, Sylvia Park, Selandia Baru

Hoyts Sylvia Park (Behance)
Hoyts Sylvia Park (Behance)

Menurut Guinness Book of World Records, kompleks Cinemaxx di Sylvia Park di Auckland, Selandia Baru ini merupakan bioskop dengan layar 35 mm terbesar di dunia, dengan ukuran 30,78 x 13,11 meter. Layar tersebut khusus dibangun untuk bioskop ini. Bioskop ini juga memiliki proyektor yang dijalankan oleh lampu 8 ribu Watt. Kompleks bioskop ini dibangun dengan biaya lebih dari USD 30 juta (sekitar Rp 390 miliar).

2. IMAX Darling Harbour, Australia

IMAX Darling Harbour (Emergingmedia360)
IMAX Darling Harbour (Emergingmedia360)

Layar bioskop di IMAX Panasonic ini memiliki ukuran 35,72 x 29,57 meter. Selain ukuran layar yang besar, bioskop ini memiliki kapasitas kursi 540 orang, sehingga tidak pernah ada yang kekurangan tempat duduk. Untuk kepentingan layar besarnya saja, dibutuhkan lampu 15 ribu Watt untuk proyektor, yang membutuhkan sebuah sistem pendingin khusus. Pendingin itu memompa sekitar 9,5 galon air tiap menitnya.

3. The Bengies Drive-in, Baltimore, Amerika Serikat

Bengies Drive-in (Squarespace)
Bengies Drive-in (Squarespace)

Layar bioskop outdoor dengan konsep drive-in ini memiliki ukuran layar 36,10 x 16,04 meter. The Bengies dibuka pada tanggal 6 Juni 1956. Jadwal operasi bioskop berubah setiap pekan dan acara pemutaran filmnya dimulai saat hari senja. Saat film selesai diputar, maka jam operasi bioskop pun berakhir. Karena sifat pertunjukan film ini anamorphic (cinematoscope), film pun diputar tanpa suara. Artinya, di dalam mobil, penonton diharuskan membuka saluran radio FM yang sudah disediakan untuk mendengarkan suaranya.

4. Rosengard, Swedia

Layar bioskop di Rosengard (Gizmodo)
Layar bioskop di Rosengard (Gizmodo)

Penduduk Kota Rosengard tidak akan pernah lupa, ketika suatu malam disuguhi film “Prince of Persia” yang diputar pada layar raksasa berukuran 51 x 28 meter yang membentang halaman Blok Menara Distrik Kota Rosengard. Layar super besar itu dirakit di luar ruangan, serta ditopang dua crane raksasa. Sementara itu, 4 unit XLM HD30 proyektor, masing-masing seberat 140 kg, dibutuhkan untuk memproyeksikan film ke layarnya.

5. Studio Pinewood, Inggris

Studio Pinewood (Pinewoodgroup)
Studio Pinewood (Pinewoodgroup)

Ini dia bioskop dengan layar terbesar di dunia, dengan ukuran 73,15 x 18,29 meter. Studio Pinewood, terletak tepat di sebelah barat London, di antara rumah bergaya Victoria. Pada musim gugur dan musim dingin, studio luar ruangan â??Water Filmingâ? milik mereka, disulap menjadi drive-in dengan layar lebar. Film-film yang diputarpun merupakan film-film box office dan terbaru. (tom)