Tteokpokki (www.koreanbapsang.com)

Korea menjadi salah satu negara yang sedang hits di Indonesia dalam beberapa tahun belakangan ini. Mulai dari drama-dramanya hingga lagu-lagu k-pop yang dinyanyikan oleh boyband dan girlband. Menjamurnya lagu-lagu k-pop ini membuat para k-popers, sebutan untuk para fans k-pop meniru hampir semua yang dilakukan idola k-pop favoritnya. Mulai dari fashion hingga camilan favorit para idola k-pop tersebut. Di Jakarta ada lima camilan favorit k-popers yang sedang booming dan selalu menjadi incaran. Ingin tahu ada camilan apa saja? Yuk simak listnya JBers!

1. Tteokbokki

Tteokbokki di Mugunghwa (uninuna.wordpress.com)
Tteokbokki di Mugunghwa (uninuna.wordpress.com)

Tteokbokki menjadi camilan nomer satu yang paling banyak digemari para k-popers. Tteokbokki terbuat dari tepung beras yang dibentuk silinder seperti pipa lalu disiram saus gochujang alias pasta cabai. Citarasa tteokbokki yang manis pedas membuat camilan ini cocok dilidah orang Indonesia. Tteokbokki juga menjadi camilan favorit Sandara 2NE1. Sekalinya makan tteokbokki, ia tidak akan berhenti sampai habis. Jika kamu ingin mencoba tteokbokki dengan citarasa Korea yang otentik, kamu bisa mencobanya di salah satu cabang Mujigae yang memiliki banyak cabang di Jakarta, Depok, Tangerang, dan juga Bandung.

2. Odeng

Odeng di Mugunghwa (www.opensnap.com)
Odeng di Mugunghwa (www.opensnap.com)

Odeng merupakan camilan kaki lima yang bisa dengan mudah kamu temui di pinggir jalan Korea. Meski tampilannya mirip dengan usus, namun odeng terbuat dari bahan dasar ikan sehingga sering dijuluki sebagai fish cake. Sebelum direbus dalam kuah kaldu, odeng ditusuk dengan tusukan sate sehingga memudahkan kamu untuk memakannya. Camilan murah meriah ini sering disantap para idola k-pop saat musim dingin di Korea. Di Jakarta ada beberapa restoran Korea yang memiliki menu odeng seperti di Mugunghwa yang ada di Jalan Senayan Blok S No. 43. Kamu bisa menyantap odeng di sini dengan harga Rp 12.000 perporsinya. Murah bukan?

3. Kimbap

Kimbap di An Nyeong (pergikuliner.com)
Kimbap di An Nyeong (pergikuliner.com)

Kimbap merupakan camilan yang sering dibawa sebagai bekal atau menu piknik di Korea. Kimbap sekilas memang mirip dengan sushi gulung, namun isiannya berbeda. Kimbap berisi nasi putih yang sudah dibumbui lalu diisi dengan aneka sayuran dan daging yang dibungkus dan digulung dengan rumput laut. Ada banyak jenis kimbap menurut isiannya, ada yang kimbap vegetarian yang hanya berisi sayuran, dan ada kimbap yang berisi daging saja. Di Jakarta menu kimbap paling sering dipesan di beberapa restoran Korea, salah satu alasannya adalah karena mereka penasaran dengan rasa kimbap yang sering disantap oleh idola k-pop mereka. Jika kamu ingin mencoba menyantap kimbap yang enak dan murah, kamu bisa datang ke An.Nyeong yang ada di  Ruko Mediterania, Jalan Tanjung Duren Raya No. 1D, Tanjung Duren, Jakarta Barat. Satu porsi kimbap di sini bisa kamu santap hanya dengan Rp 30.000 saja.

4. Patbingsu

Patbingsu Popcorn Caramel di Pat Bing Soo (www.thedelicaciesjournal.com)
Patbingsu Popcorn Caramel di Pat Bing Soo (www.thedelicaciesjournal.com)

Siapa tak suka camilan manis yang menyegarkan ini. Patbingsu memang sedang ramai dibicarakan di kalangan k-popers karena semakin banyak restoran di Jakarta yang berlomba-lomba menyajikan menu yang juga digemari di Korea ini. Patbingsu merupakan es serut kacang merah yang diberi aneka macam topping mulai dari jelly, kue beras, kacang-kacangan, wafer, serta buah-buahan segar. Jika kamu tak suka kacang merah, kamu bisa mencoba jenis patbingsu lainnya seperti green tea, mangga, strawberry, dan lain-lain. Di Jakarta ada cafe Pat Bing Soo yang paling terkenal di kalangan k-popers. Pat Bing Soo memiliki banyak dicabang di Jakarta, Tangerang, dan Bandung. Salah satunya adalah di Excelso yang ada di Jalan Pesanggrahan No.2 Puri, Jakarta Barat.

5. Samancho

Samancho dan Pungopang(southkoreanfood.tumblr.com, anakjajan.com)
Samancho dan Pungopang(southkoreanfood.tumblr.com, anakjajan.com)

Kamu pasti pernah melihat es krim berbentuk ikan yang sering dijual di Lottemart. Samancho adalah es krim kacang merah yang diselimuti dengan bungeopang yakni wafel berbentuk ikan. Empuknya tekstur bungeopang yang berpadu dengan lembutnya es krim kacang merah membuat kamu tak puas jika hanya menghabiskan satu porsi saja. Belakangan ada cafe di PIK alias Pantai Indah Kapuk yang menyajikan menu samancho dalam bentuk parfait yang unik. Cafe yang banyak didatangi k-popers ini terletak di Ruko Crown Golf, Blok B No. 57-58, Bukit Golf Mediterania.

Dari kelima camilan favorit k-popers, kira-kira kamu jadi ingin mencoba yang mana JBers? (jow)