Uniknya Sensasi Santap Ala Penjara di Bong Kopitown Yogyakarta


Bong Kopitown (idws.id)

Tidak hanya Jakarta dan Bandung saja yang punya restoran unik, di Yogyakarta ada sebuah restoran yang mengusung tema yang tak biasa, yakni tema penjara. Bong Kopitown yang terletak di Jalan Jalan Sagan Kidul No.4 Sagan, Yogyakarta ini mengusung tema penjara Hongkong pada era tahun 60-an. Meski temanya penjara, tapi kamu tak perlu takut akan bertemu dengan para tahanan atau narapidana di sini, tapi kamu malah akan disuguhi aneka menu yang akan menggugah selera makan.

Suasana di Bong Kopitown(chlealiving.com, ngopiyuuuk.wordpress.com)
Suasana di Bong Kopitown(chlealiving.com, ngopiyuuuk.wordpress.com)

Saat kamu masuk ke dalam restoran, kamu bisa langsung merasakan suasana penjaranya karena interior di Bong Kopitown memang dibuat semirip mungkin dengan ruangan penjara. Ada banyak penggunaan besi-besi teralis di beberapa titik yang disengaja dibuat ntuk menyerupai teralis penjara. Teralis ini berfungsi sebagai penyekat antara tempat makan pengunjung. Dinding-dindingnya juga sengaja diplester begitu saja dengan menggunakan semen kasar. Lalu kursi-kursi yang disediakan untuk para pengunjung juga bukanlah tempat duduk yang empuk tapi berupa kursi besi dan kayu. Bukan hanya itu saja loh JBers, suasana penjaranya lebih terasa lagi karena para pelayan yang ada di Bong Kopitown ini berpakaian mirip dengan petugas sipir penjara di era 60-an. Meski berpakaian garis-garis hitam putih, mereka tidak garang layaknya petugas sipir penjara, jadi kamu jangan takut ya JBers!

Pelayan yang Berseragam Petugas Sipir Penjara(santapjogja.com,ganlob.com)
Pelayan yang Berseragam Petugas Sipir Penjara(santapjogja.com,ganlob.com)

Keunikan lainnya terletak pada promosi yang digunakan agar para pengunjung penasaran dengan menu yang disajikan. Bong Chandra, pemilik dan pendiri Bong Kopitown sengaja membuat â??koranâ?? bernama â??Old Town Postâ?? yang menceritakan tentang tiga orang penjahat yang berniat untuk menjalani hukuman karena ingin merasakan aneka menu â??koki penjaraâ?? yang terkenal enak. Ketiga penjahat itu adalah adalah Lee, Ming dan Ken.

Old Town Post yang Dijadikan Menu (sewamobiljogja.my.id)
Old Town Post yang Dijadikan Menu (sewamobiljogja.my.id)

Lee adalah seorang penjahat yang bertubuh mungil dan sangat licin karena pintar meloloskan diri. Namun,  akhirnya ia menyerahkan diri ke penjara karena penasaran dengan makanan yang bernama ote-ote. Penjahat kedua bernama Ming yang dijuluki 1000 wajah karena pintar menyamar. Ia pun mengikuti langkah Lee karena ingin mencoba Choi Pan. Sedangkan Ken merupakan penjahat bertubuh gemuk yang sangat pandai bersilat lidah dan mempengaruhi orang lain. Ia memiliki sifat rakus yang membuat ia penasaran dan tergiur dengan menu makanan penjara. Ia pun menyerahkan diri seperti Lee dan Ming. Cerita fiktif yang diceritakan tersebut tentunya mampu membuat pengunjung jadi penasaran seenak apa sih menu yang dihadirkan di Bong Kopitown ini.

Menu makanan di Bong Kopitown (id.openrice.com, kaskus.co.id)
Menu makanan di Bong Kopitown (id.openrice.com, kaskus.co.id)

Bong Kopitown menyajikan menu peranakan yang memadukan kuliner China dengan citarasa tradisional khas Indonesia. Menu-menu makanannya ada Chicken Nasi Lemak, Singkawang Rojak, Bong Chicken Curry, Hainan Chicken, Penang Fried Noodle, Nasi Fu Yung Hai, Singapore Laksa Noodle, Nasi penjara, Nasi Goreng Sapi Cabai Hijau, dan masih banyak lagi. Untuk menu andalan di sini adalah Penang Fried Noodle yang  berupa mi kuning khas Medan yang dimasak dengan tambahan aneka jenis seafood dan sayuran yang dimasak dengan bumbu khas Bong Kopitown. Citarasanya bercampur antara gurih, manis, dan pedas karena menggunakan cabai rawit segar.

Menu Minuman di Bong Kopitown (youseefood.wordpress.com)
Menu Minuman di Bong Kopitown (youseefood.wordpress.com)

Sedangkan untuk minumannya kamu bisa mencoba lychee tea, unripe mango ice chaved, kopi tetes, kopi ampas, kopi tarik, ying yang coffee and tea, es jeruk kalimantan dan masih banyak lagi. Untuk harganya, kamu tak perlu khawatir JBers karena menu makanan di sini berkisar sekitar Rp 30.000-an sedangkan untuk minuman hanya berkisar belasan ribu saja. Murah bukan?

Bong Kopitown buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 24.00 tengah malam. Jika kamu berada di Jakarta tapi ingin ke sana? Tak perlu khawatir karena Bong Kopitown ini sudah buka cabang loh di Jakarta, yakni di Plaza Semanggi, Boulevard Raya Blok PD1 No. 5-6 Kelapa Gading, dan Citywalk Sudirman Lt. GF No. 15-16. Yuk, segera rasakan sensasi santap ala penjara di Bong Kopitown. (jow)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak