Joey Alexander (NPR)

Joey Alexander, pianis jazz cilik Indonesia yang namanya tengah melambung, sejak masuk dalam ajang musik bergengsi kelas dunia, Grammy Awards. Di saat anak-anak seumurannya masih gemar bermain sepulang sekolah, bocah berusia 12 tahun itu sudah mencatat prestasi gemilang. Lewat album debutnya, My Favorite Things yang rilis Mei 2015, Joey pun membawa dua kategori nominasi Grammy Awards 2016.

Tak hanya itu saja, Di usianya yang belum genap 13 tahun, buah hati Denny Sila dan Fara Sila ini sukses mendapat gelar Grand Prix dalam ajang Master-Jam Fest di Odessa, Ukraina.

Kebanggaan bagi Joey yang tampil sepanggung dengan Adele, Taylor Swift, Ed Sheeran dan Bruno Mars, bahkan tampil dihadapan Presiden Barack Obama di Gedung Putih. Tak lupa dengan kampung halamannya, bocah berkacamata itupun menggelar konser tunggal di JI EXPO, Kemayoran pada Minggu (22/5) pekan lalu.

Kapanlagi

Konser yang bertajuk ‘Joey Alexander Live in Concert’ ini menjadi pesta musik jazz pertama yang didukung oleh HD sound design. Design venue dibuat cukup unik, di mana panggung tempat Joey tampil berada di tengah-tengah kursi penonton yang melingkar.

Tepuk tangan meriah langsung menggema di seluruh venue kala Joey muncul di atas panggung. Tanpa banyak biacara, Joey langsung duduk memainkan piano yang ada di hadapannya.

Beberapa lagu sukses dibawakannya seperti Giant Steps yang mengalun indah, diiringi oleh permainan drum dari Jeff Tain Watts dan petikan contra bass Dan Chmielinski. Tak lama berselang, ia membawakan My Favorite Things yang terdapat di album perdananya dengan judul sama.

Kapanlagi.com

Yang menarik, Joey membawakan lagu daerah DKI Jakarta, Kicir-Kicir yang di-request oleh Gubernur DKI Ahok yang hadir kala itu. Tanpa banyak protes, Joey pun menuruti permintaan Ahok dengan mengaransemen lagu tersebut jadi lebih ciamik.

Sejumlah musisi, artis, hingga pejabat penting hadir dalam konser Joey. Sebut saja Olga Lidya, Isyana Sarasvati hingga Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama.

Tak habis-habisnya 2.000 penonton yang hadir kala itu, memberikan tepuk tangan usai Joey membawakan tembang-tembang menawan yang dimainkannya. Setidaknya ada lebih dari tujuh lagu yang dimainkan oleh Joey di mahakonsernya tersebut.