Angkringan (traveling.maslatip.com)

Angkringan tak pernah lepas dari Kota Yogyakarta. Jika ada yang berbicara tentang angkringan, maka yang terbesit dalam pikiran kita adalah angkringan Yogyakarta. Angkringan berasal dari bahasa Jawa ‘angkring’ yang berarti alat atau tempat jualan makanan keliling yang pikulannya berbentuk melengkung ke atas. Biasanya angkringan berbentuk gerobak dorong yang menjual berbagai macam makanan dan minuman pada malam hari. Angkringan banyak dijumpai di daerah Jawa Tengah, terutama Yogyakarta, sehingga angkringan yang paling terkenal adalah angkringan Yogyakarta. Dari sekian banyak angkringan yang ada di Yogyakarta, ada lima angkringan yang paling sering dikunjungi oleh anak mahasiswa, yaitu:

1. Angkringan Kopi Lek Man

Angkringan Lek Man (piknikyogyakarta.blogspot.com, liojalan-jalan.com)
Angkringan Lek Man (piknikyogyakarta.blogspot.com, liojalan-jalan.com)

Siapa warga Yogyakarta yang tak kenal dengan angkringan legendaris Kopi Lek Man yang lokasinya berada di Jalan Wongsodirjan atau lebih tepatnya di sebelah utara Stasiun Tugu Yogyakarta. Ada yang unik dari angkringan yang satu ini, yakni menu minuman kopi josnya yang sangat terkenal. Kopi jos adalah kopi tubruk yang diberi tambahan bara api sebelum disajikan. Saat diseruput, aroma kopi yang khas berpadu dengan aroma bara api yang terbakar mampu membuat citarasa kopi jos tak terlupakan. Selain itu, kamu bisa meminta penjual untuk memanaskan makanan di atas bara api terlebih dahulu sebelum disajikan sehingga makanan yang kamu pesan memiliki citarasa aroma yang lebih nikmat. Angkringan yang sudah buka sejak 60 tahun yang lalu ini buka dari jam 15.00 sore hingga 02.00 dini hari.

2. Angkringan Kobar

Angkringan Kobar (rini-septika.blogspot.com, tribunnews.com)
Angkringan Kobar (rini-septika.blogspot.com, tribunnews.com)

Angkringan yang memiliki konsep tempat nongkrong anak muda ini memiliki tempat yang sangat nyaman dan cukup besar. Angkringan Kobar berada di sebelah timur Stadion Kridosono atau lebih tepatnya di Jalan Atmo Sukarto No.2, Kotabaru Yogyakarta. Ada beragam macam menu yang disajikan di angkringan Kobar seperti, nasi kucing, sate telur puyuh, sate usus, kepala ayam, ceker, dan masih banyak lagi. Terdapat lebih dari 20 menu lauk yang ada di sini. Menu andalan yang banyak dipesan oleh anak mahasiswa adalah nasi kobar yang berisi nasi putih yang disajikan dengan oseng tempe cabai rawit. Selain itu ada nasi bakar tuna dan nasi bakar ati ampela yang tak kalah lezatnya. Angkringan Kobar ini buka dari jam 10.00 pagi hingga jam 23.00 malam.

3. Angkringan KR

Angkringan KR (www.info-jogja.com, sitasentris.wordpress.com)Angkringan KR atau yang juga dikenal dengan angkringan Pak Jabrik memang menjadi salah satu angkringan paling terkenal di Yogyakarta karena selalu ramai. Angkringan KR berada di teras kantor Harian Kedaulatan Rakyat yang ada di kawasan Tugu Malioboro, tepatnya di Jalan Mangkubumi. Angkringan ini memiliki tempat yang sangat luas sehingga sering dijadikan tempat kumpul anak mahasiswa, komunitas-komunitas seni, serta beberapa anggota klub. Saking luasnya, kamu bisa memilih ingin duduk di kursi gerobak angkringan, kursi taman, atau lesehan di teras. Angkringan yang satu ini memiliki menu nasi kucing yang sangat bervariasi, mulai dari sambal teri, oseng tempe, oseng jamur, mercon jamur, sambal tomat, dan masih banyak lagi. Angkringan KR buka mulai pukul 17.00 sore hingga jam 24.00 tengah malam.

4. Angkringan Kang Harjo

Angkringan Kang Harjo (cdn-2.tstatic.net, eatjogja.com)
Angkringan Kang Harjo (cdn-2.tstatic.net, eatjogja.com)

Angkringan yang sudah berdiri sejak tahun 2006 ini sangat ramai oleh para mahasiswa dan juga para wisatawan. Angkringan Kang Harjo yang memiliki nama lain angkringan Wijilan ini tertata dengan sangat rapi dan bersih. Tak seperti angkringan lainnya, angkringan Kang Harjo memiliki dua lantai, di lantai pertama disediakan kursi yang tertata rapi mengelilingi meja sedangkan di lantai dua disediakan tempat buat kamu yang ingin lesehan. Angkringan yang bisa menampung kurang lebih 200 orang ini mengusung konsep prasmanan. Kamu bisa memilih aneka hidangan mulai dari aneka sayur seperti sayur lodeh, sayur asem, brongkos, oseng-oseng hingga lauk pauk sejenis sate teluh puyuh, sate gajih, sate keong,   bandeng, rempela ati, dan masih banyak lagi. Untuk minuman favorit ada es tape yang tidak bisa kamu temui di angkringan lainnya. Angkringan Kang Harjo berada tak jauh dari Alun-alun Utara dan Plengkung Wijilan, tepatnya berada di Dusun Ngrukeman, Jalan Sunan Kudus, Tamantirto, Kasihan, Bantul. Jam bukanya lebih pagi dari angkringan lainnya yakni mulai dari pukul 09.00 pagi hingga 02.00 dini hari.

5. Angkringan Tenda Biru

Angkringan Tenda Biru (cdn-2.tstatic.net)
Angkringan Tenda Biru (cdn-2.tstatic.net)

Angkringan yang agak melipir dari keramian kota Yogyakarta ini tepatnya berada di sekitar Panggung Krapyak, Desa Panggungharjo, Kabupaten Bantul ini buka setiap hari selasa hingga minggu. Ada tiga jenis nasi kucing yang dijual di sini, yakni nasi kucing ati, pindang, dan tempe. Untuk pilihan lauknya kamu bisa memilih sate telur puyuh dan sate usus bakar yang menjadi favorit di sini karena disajikan dengan siraman kuah bumbu dengan rasa rempah yang kuat. Meski tidak banyak varian menunya, tapi untuk rasa jangan ditanya JBers. Buktinya angkringan yang buka dari jam 16.00 sore ini, makanannya sudah ludes terjual menjelang pukul 18.00 sore atau menjelang maghrib. Jadi, para mahasiswa yang ingin makan di sini biasanya mulai berdatangan pada sore hari karena takut kehabisan.

Menu makanan di angkringan paling disukai oleh anak mahasiswa karena harganya yang murah meriah dan tidak membuat kantong kempes. Nah, kamu sendiri penyuka makanan angkringan tidak JBers?

(rei)