Pesona Indonesia di mata dunia makin terlihat. Dalam upaya mempromosikan budaya dan wisata Indonesia ke mancanegara, Komunitas Bangga Indonesia telah menggelar Indonesian Weekend di London pada 28-29 Mei 2016 di Potters Fields Parks, taman dengan latar belakang ikon terkenal London, Tower Bridge.

Pengunjung ditawarkan dengan keramah-tamahan masyarakat Indonesia di taman yang asri tersebut dengan latar belakang pemandangan ikonik London mempromosikan keindahan, kecanggihan dan kehangatan Indonesia di Inggris.

Festival Indonesian Weekend di London ini ternyata mendapat sambutan meriah dari warga London. Beberapa keunikan dan ciri khas Indonesia, diboyong ke London. Suasana pun heboh dan meriah! Kita sebagai warga negara Indonesia, tentu patut berbangga.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini kemeriahan yang ada di Indonesian Weekend.

1. Permainan Gasing

detik.com

Festival Indonesian Weekend di London, Inggris ini telah membawa permainan tradisional Indonesia yakni Gasing. Banyak yang kagum dan tertarik untuk belajar, apalagi anak-anak kecil. Gasing-gasing unik dari yang kecil sampai besar dimainkan di tengah lapangan rumput. Penonton kagum ketika gasing ini bisa diajak akrobat. Atraksi ini juga cukup interaktif dengan mengajak penonton bermain gasing.

2. Senam Poco-poco

cnnindonesia.com

Pada hari pertama festival akbar ini, dibuka dengan penampilan senam Poco Poco yang dipersembahkan oleh Federasi Olahraga Kebudayaan Indonesia (FOKBI). Aransemen musik dan gerakan tarian yang ringan berhasil disuguhkan dalam beberapa versi tarian yang lagunya dibawakan ulang oleh penyanyi lawas Yoppie Latul. Mulai dari Poco Poco ala dangdut hingga house music mengiringi gerakan para peserta Indonesian Weekend.

3. Penampilan Apik Saung Angklung Udjo Bandung

kompas.com

Di London, Saung Angklung Udjo tampil berkolaborasi dengan sebuah grup musik Indonesia yang menetap di London. Uniknya, meski akan berkolaborasi, mereka belum pernah berlatih bersama dengan calon lawan mainnya. Mereka membawakan lagu-lagu The Beatles dan beberapa lagu Indonesia, seperti Chrisye. Konsep pentas musik yang dilakukan Saung Angklung Udjo di London tersebut adalah hanya menyertakan dua alat musik saja yaitu angklung dan gambang melodi.

4. Bakso, Sate, Nasi Goreng hingga Es Cendol

detik.com

Indonesian Weekend menyajikan aneka makanan khas Indonesia dikerumuni oleh antrian pengunjung taman yang berada di sebelah Sungai Thames ini. Seakan mengetahui sulitnya menikmati makanan eksotis dari Indonesia, ratusan warga London memadati Potters Field Park selama dua hari penyelenggaraan. Beberapa kios seperti Warung Windsor, Bakso Bola-Bola dan Cafe Java dipenuhi antrian warga London. Bangga!

5. Pencak Silat

kompas.com

Dari sekian banyak atraksi ditampilkan di ajang Indonesian Weekend London, para turis begitu takjub melihat atraksi pencak silat. Mereka antusias melihat aksi para pesilat belia dari Garut, Jawa Barat yang dikomandani Cecep â??The Assasinâ? Arif Rahman. Saat para pesilat belia itu melakukan aksi dengan tingkat kesulitan tinggi, misalnya salto, para penonton tak hentinya berdecak kagum dan memberikan tepuk tangannya.