Ramadan membawa berkah tersendiri bagi beberapa desainer muslim Indonesia seperti Zaskia Sungkar. Aktris dan desainer busana muslim ini kini mulai sibuk mempersiapkan koleksi Lebaran 2016. Konsisten mengangkat kecantikan wastra Nusantara, Zaskia memilih batik Garutan untuk koleksi Lebaran tahun ini. Zaskia mengeluarkan 10 koleksi anyar yang didominasi oleh abaya dan outer wear ready to wear. Inspirasi Ramadan taun ini ia mengusung tema Sadahurip.

“Tema rancangan Sadahurip ini terinspirasi dari Gunung Sadahurip yang ada di Garut. Saya juga menyisipkan batik dari Garut dalam bentuk abaya nuansa Ramadan yang berbentuk piramid,” ujar Zaskia Sungkar seperti dikutip Vivanews.

Zaskia mengungkapkan, koleksi tersebut merupakan lanjutan dari koleksi terdahulu yakni kental dengan nuansa hitam, yang tak lain adalah warna kesukaannya. Padahal warna pastel tengah menjadi tren tahun ini.

Namun agar sejalan dengan tren, Zaskia tetap menghadirkan warna pastel pada koleksi kali ini meski hanya sebagai aksen. Tak hanya itu saja warna-warna solid lainnya seperti putih, krem, abu-abu dan ungu pun menghiasi busananya kali ini. Bila di â??Blooming Ramadhanâ??, motif floral menjadi primadona, kini Zaskia banyak bermain di motif abstrak dan etnik.

Untuk mendapatkan bentuk motif yang diinginkan, istri Irwansyah ini mengaku selalu berkomitmen mengangkat kain Indonesia dalam setiap karyanya, maka ia pun memilih batik cap Garutan dari Kabupaten Garut.

Tak hanya itu saja, Zaskia punya tujuan untuk membagi cerita-cerita sejarah tradisional.

“Jadi aku berusaha tidak cuma pakai kain tradisionalnya saja, tapi story-nya jg. Aku hadirkan lewat cutting-cutting desain modern. Pattern bentuk-bentuk piramid dan ada aksesoris berbentuk piramid. Jadi biar masyarakat lebih aware akan sejarah indonesia,” tutur Zaskia dalam Okezone.

Di tangan Zaskia,  kain itu akan diolah sesuai dengan garis desainnya yang minimalis namun tetap terasa elegan dan feminin. Rancangannya kali ini, Zaskia menggunakan bahan katun, linen dan chiffon dengan menggunakan teknik yang diterapkan seperti pleads dan embloshiment dipadu dengan cutting modern.

Wah, tak sabar ya menunggu rancangan Zaskia kali ini.