Panorama di Kebun Buah Mangunan (www.telusurindonesia.com)

Satu lagi wisata alam yang ada di Yogyakarta, Kebun Buah Mangunan. Kebun Buah Mangunan yang ada di Bantul ini ternyata bukan hanya menjadi tempat agrowisata yang berisi aneka macam buah-buahan, namun juga menjadi wisata alam dengan panorama elok yang sangat menakjubkan. Sampai-sampai tempat ini mendapat julukan â??negeri di atas awanâ?? ala Bantul oleh para wisatawan.

Kebun Buah Mangunan (loperonline.com)
Kebun Buah Mangunan (loperonline.com)

Awalnya tempat wisata ini hanyalah agrowisata biasa, namun ada beberapa wisatawan yang mengunggah foto pemandangan hamparan kabut yang menyelimuti perbukitan dan lembah Sungai Oyo dari atas Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Foto-foto yang tersebar di sosial media tersebut akhirnya terkenal dengan sebutan â??negeri di atas awanâ?? ala Bantul yang membuat banyak orang penasaran tentang seberapa menakjubkan panorama yang ditawarkan di sana. Lokasi agrowisata ini pun semakin ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin mengabadikan moment â??negeri di atas awanâ?? ala Bantul ini.

Panorama Negeri di Atas Awan Bantul (inet.detik.com)
Panorama Negeri di Atas Awan Bantul (inet.detik.com)

Tak setiap hari kamu bisa menyaksikan panorama menakjubkan di Bantul ini karena faktor cuaca sangat berperan penting untuk menciptakan lukisan panorama yang memanjakan mata serta menenangkan pikiran. Untuk dapat menyaksikan panorama â??negeri di atas awanâ?? ini juga tidaklah mudah dan butuh usaha yang ekstra. Kenapa? Karena kamu harus melakukannya saat ayam jantan mulai berkokok, yakni saat pagi buta tepatnya sekitar subuh. Hamparan kabut yang menjadi magnet wisata di Bantul ini muncul mulai pukul 05.00 subuh dan semakin lama semakin pekat lalu perlahan-lahan mulai menghilang mulai dari pukul 07.30 pagi.

Bukit Mangunan (lensaengineer.wordpress.com)
Bukit Mangunan (lensaengineer.wordpress.com)

Usaha ekstra tersebut tentunya tidak membuat kamu bisa langsung melihat panorama â??negeri di atas awanâ?? tersebut karena kamu harus bertaruh dengan cuaca. Jika cuaca sedang cerah, maka kamu bisa melihat hamparan kabut awan tebal menyelimuti perbukitan dan lembah sungai Oyo yang membuat kamu serasa sedang berada di atas awan. Tapi jika cuaca sedang mendung, kamu hanya akan melihat kabut-kabut tipis saja yang perlahan akan tersapu dan menghilang.

Pemandangan di Bukit Mangunan (indonesia.tripcanvas.co, twitter.com)
Pemandangan di Bukit Mangunan (indonesia.tripcanvas.co, twitter.com)

Dilansir dari Tribunnews.com, banyak wisatawan yang mengatakan kalau panorama menakjubkan yang mereka lihat dan rasakan ini benar-benar seperti â??negeri di atas awanâ?? sehingga mereka terkagum-kagum. Jika kamu penasaran ingin datang langsung ke sini, kamu bisa berangkat dari pusat kota Yogyakarta melewati Jalan Imogiri Timur atau Imogiri Barat yang menjadi jalur utama yang mudah dilalui. Jarak tempuhnya dari pusat kota Yogyakarta menuju ke Kebun Buah Mangunan sekitar 24 km. Sesampainya di sana, kamu jangan kaget ya JBers karena menemukan antrian panjang kendaraan yang menuju ke arah perbukitan Mangunan. Sesampainya di sana, kamu akan dikenakan HTM Rp 12.000 saja.

Kebun Buah Mangunan (paketwisatajogja.net)
Kebun Buah Mangunan (paketwisatajogja.net)

Kamu bisa memilih dua alternatif, yakni tetap menaiki kendaraan hingga menuju parkiran atas dengan resiko harus sabar mengantri karena macet dan harus mencari lahan parkir atau memilih untuk berjalan kaki dan memarkir kendaraan di parkiran dekat pintu masuk. Jika kamu memilih berjalan kaki, maka kamu bisa dengan mudah memarkir kendaraan kamu karena lahan parkir dekat pintu masuk lumayan lengang, namun resikonya kamu harus berjalan kaki menuju lokasi dengan jarak tempuh naik turun yang lumayan jauh. Tapi semua itu akan terbayar dengan panorama indah menakjubkan yang bisa membuat kamu serasa berada di atas awan. Selamat berwisata JBers! (jow)