Biasanya, untuk menyanyikan lagu religi menyambut Ramadan, musisi yang terlibat beragama Islam atau muslim. Meski demikian, rupanya aturan itu tak mutlak. Pasalnya, ada beberapa musisi non muslim yang ternyata juga ikut merilis single religi dalam menyambut Ramadan. Siapa saja? Berikut 5 musisinya, seperti yang sudah dihimpun jadiBerita untuk kamu.

1. Saykoji

Meski berbeda agama, Saykoji sepertinya ingin memberikan semangat serta dukungan terhadap teman-temann muslimnya yang berpuasa. Karena itulah, Saykoji akhirnya merilis lagu religi berjudul “Bersabar”. Dikutip dari Instagram pribadinya, rapper yang akrab disapa Igor itu mengaku jika single tersebut terinspirasi dari teman-temannya yang menganut agama Islam.

2. JFlow

Meski bukan seorang muslim, penyanyi rap Jflow mengaku kebagian berkah Ramadan. Pada bulan suci umat Islam itu, ia akan merilis single terbarunya berjudul “Mercusuar” yang juga turut menampilkan Denada. Lagu “Mercusuar” diciptakannya untuk menebarkan semangat Ramadan. “Lagu ini aku yang tulis sendiri meski aku non muslim tapi ini juga berkah buat aku,” katanya.

3. Duo Josheff

Duo Josheff terdiri dari pemain sinetron sekaligus penyanyi Jupiter Fourtissimo dan juga Jeff. Mereka merilis single religi berjudul “Sadarlah”, meskipun mereka beruda non muslim. Mereka punya pendapat jika lagu religi punya pesan bisa diserap oleh agama apa pun.

4. Project Pop

Meski lagunya menceritakan tentang makan sahur sebelum puasa, ternyata lagu ini diciptakan oleh salah satu personel Project Pop yang non muslim, yaitu Yossie. “Yang buat lagunya juga Yosie, Yosie juga nggak puasa, jadi ini unik aja. Yang puasa siapa, yang menciptakan lagu siapa. Jadi seru aja rame-rame,” cerita Odie.

5. Ozy Syahputra

Ozy sendiri adalah seleb Indonesia yang beragama Islam. Namun, yang menciptakan lagu ini adalah Chossy Pratama, yang non muslim. Ditanya kenapa Chossy Pratama yang dilibatkan dalam lagu religi ini, Ozy mengatakan bila rekannya itu sudah tahu karakter suaranya. (tom)