5 Cara Keren yang Bisa Kamu Lakukan untuk Hormati Pancasila


Hari ini, tanggal 1 Juni, diperingati sebagai Hari Kelahiran Pancasila. Mungkin kamu juga sudah dengar kabar kalau ada wacana menjadikan tanggal 1 Juni ini sebagai libur nasional, meskipun belum ada keputusannya. Terlepas dari libur atau tidak, Hari Kelahiran Pancasila ini harus kamu hormati. Berikut adalah 5 cara keren yang bisa kamu lakukan untuk menghormati sila-sila Pancasila, seperti yang sudah dihimpun jadiBerita.

1. Ketuhanan yang Maha Esa

Lambang Sila 1 (Wikimedia)
Lambang Sila 1 (Wikimedia)

Sila pertama yang berbunyi “Ketuhanan yang Maha Esa” ini mengajak kita warga Indonesia untuk selalu patuh pada peraturan agama. Beberapa penerapan yang bisa kamu lakukan sesuai dengan nilai sila pertama ini antara lain adalah menyayangi semua ciptaan Tuhan, termasuk tumbuhan. Jangan sampai kejadian merusak taman bunga seperti yang terjadi beberapa waktu lalu terjadi kembali.

2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

Lambang Sila 2 (Wikimedia)
Lambang Sila 2 (Wikimedia)

Sila kedua ini mengandung nilai-nilai perikemanusiaan yang harus diperhatikan dalam kehidupan sehari-hari, seperti tidak melanggar hak orang lain serta merusak fasilitas umum. Contoh lainnya, bagi kamu yang merokok, mungkin sebaiknya jangan merokok di sembarang tempat, sehingga orang yang tidak merokok bisa menghirup udara tanpa asap rokok.

3. Persatuan Indonesia

Lambang Sila 3 (Wikimedia)
Lambang Sila 3 (Wikimedia)

Nilai yang terkandung dalam sila ini harus menjunjung tinggi patriotisme dan nasionalisme. Penerapannya antara lain adalah menghormati perbedaan suku-suku yang ada di Indonesia tanpa merendahkan, jangan rasis, dan bersikap toleran terhadap pelaksanaan tradisi atau adat istiadat yang dilakukan masyarakat suku lain.

4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan

Lambang Sila 4 (Wikimedia)
Lambang Sila 4 (Wikimedia)

Dalam sila ini yang harus diperhatikan adalah musyawarah dan demokrasi. Yang bisa kamu lakukan untuk menghormati sila keempat ini antara lain adalah memberi kesempatan kepada masyarakat atau anggota kelompok untuk menyampaikan pendapat berkenaan dengan keputusan yang akan diambil bersama, mengutamakan cara musyawarah dalam menyelesaikan masalah dan membuat keputusan yang menyangkut kepentingan bersama, serta menghormati dan melaksanakan hasil musyawarah yang telah diambil dan disepakati bersama serta jangan memaksakan kehendak pada orang lain.

5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Lambang Sila 5 (Wikimedia)
Lambang Sila 5 (Wikimedia)

Sila ini memuat nilai pokok tentang pemerataan keadilan. Kamu bisa menerapkan nilai dalam sila ini dengan cara berlaku adil tanpa memandang suku, agama, jenis kelamin, golongan, dan asal-usul lain, atau ikut aktif menciptakan tata pergaulan dan kehidupan yang adil dalam masyarakat dan kelompok. (tom)

 

 


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak