Pasih Uwug (plesiryuk.com)

Siapa tak kenal Bali, salah satu destinasi wisata Indonesia paling terkenal dan paling banyak dikunjungi oleh para wisawatan lokal dan mancanegara. Bali memiliki banyak tempat wisata yang sangat indah dan mampu membuat kamu enggan pulang. Namun, karena Bali paling banyak dikunjungi wisatawan mancanegara, harga-harga yang ada di sana kebanyakan menggunakan dollar dan terbilang cukup menguras kantong. Tapi kamu tak perlu khawatir JBers karena ternyata masih ada loh tempat-tempat wisata gratis di Bali yang bisa kamu kunjungi. Lima tempat wisata dengan pemandangan menakjubkan di bawah ini tidak memungut HTM alias tiket masuk sehingga kamu bisa menghemat biaya wisata kamu. Yuk kita lihat ada wisata apa saja JBers!

1. Bukit Asah Bugbug

Bukit Asah Bugbug Karangasem (www.rentalmobilbali.net, wisatabaliutara.com)
Bukit Asah Bugbug Karangasem (www.rentalmobilbali.net, wisatabaliutara.com)

Ingin melihat indahnya pemandangan sunset dan sunrise? Kamu bisa datang ke Bukit Asah Bugbug yang ada di Desa Bugbug Karangasem, Bali Timur. Sesuai dengan namanya, Bukit Asah Bugbug ini merupakan sebuah bukit dari ketinggian di atas laut. Dari atas Bukit Asah Bugbug ini kamu akan disuguhi pemandangan laut nan indah dengan angin semilir yang membuat kamu betah dan tak mau beranjak. Suasana tenang membuat banyak wisawatan berpiknik atau hanya sekedar berbaring santai dan berfoto-foto. Jika kamu ingin datang ke Bukit Asah Bugbug dari arah Bandara Ngurah Rai, kamu memerlukan waktu sekitar 2 jam perjalanan melalui jalan By Pass Prof Ida Bagus Mantra. Disarankan untuk naik kendaraan sepeda motor karena jika naik mobil, kamu harus berjalan kurang lebih 100 meter untuk mencapai lokasi.

2. Ladang Bunga Calendula

Marigold (indonesia.tripcanvas.co)
Marigold (indonesia.tripcanvas.co)

Jika kamu sedang berada di Bedugul atau Kintamani, jangan lupa untuk mampir ke Ladang Bunga Calendula yang terletak di sepanjang jalan yang menghubungkan dua kawasan tersebut. Ladang Bunga Calendula atau yang juga dikenal dengan Ladang Bunga Marigold ini merupakan tempat yang banyak dikunjungi oleh para pasangan muda-mudi. Bunga Marigold atau Calendula merupakan bunga yang paling banyak tumbuh di Bali. Warna bunga yang keemasan dianggap mencitrakan Dewa Bali yakni Sang Hyang Widhi Wasa.

3. Waterblow

Water Blow (www.klikhotel.com)
Water Blow (www.klikhotel.com)

Ingin merasakan sensasi cipratan deburan ombak yang menghantam karang? Kamu bisa datang ke Waterblow yang tepat berada di belakang area Grand Hyatt Nusa Dua Bali. Untuk mencapai area Waterblow ini kamu harus masuk kawasan BTDC Nusa Dua. Di sini kamu bisa melihat langsung dari dekat ombak Samudera Hindia yang menghantam tebing karang dengan kencang dan membuat cipratan indah yang membumbung ke atas. Dulunya kawasan ini tidak boleh dikunjungi karena dianggap sangat berbahaya akibat karang-karang tajam dan hempasan ombak yang besar, namun sejak pihak Bali Tourism Development Corporation membuat jembatan yang nyaman di atas karang, tempat ini menjadi salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi.

4. Lotus Lagoon

Lotus Lagoon (jejakku.co)
Lotus Lagoon (jejakku.co)

Mengunjungi tempat wisata ini membuat kamu serasa berada di kerajaan dinasti China. Lotus Lagoon merupakan kolam buatan yang berisi bunga teratai berwarna merah muda dan fushia. Di kolam ini kamu bisa berjalan-jalan sambil berfoto dan menikmati pemandangan  megah ala kerajaan China ini. Setelah puas berwisata di Lotus Lagoon, kamu bisa mampir sebentar ke pura utama yang ada di depan Lotus Lagoon. Pura ini sudah ada sejak abad ke-11 loh JBers. Bagi kamu yang ingin datang ke sini, kamu bisa mengarahkan kendaraan kamu ke Jalan Candidasa, Karangasem Bali.

5. Pantai Pasih Uug

Pasih Uwug (plesiryuk.com)
Pasih Uwug (plesiryuk.com)

Pantai Pasih Uug alias Pantai Uwug ini lebih dikenal sebagai pantai patah. Pantai Uug dinamakan pantai patah karena di sana terdapat sebuah tebing yang berlubang bagian tengahnya hingga ketinggian 50-200 meter akibat fenomena geologis. Bentuk tebing yang menyerupai terowongan raksasa di tengah laut inilah yang kemudian membuat pantai Pasih Uug ini dijuluki pantai patah atau broken beach. Pantai Pasih Uug yang ada di Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar Kecamatan Nusa Penida Kabupaten Klungkung Bali ini bisa dicapai dari Pantai Sanur dengan menggunakan kapal speedboat dari Tanjung Benoa atau menggunakan mobil atau motor sewaan dari Pelabuhan Nusa Penida dengan jarak tempuh 1,5 jam perjalanan.

Seru bukan tempat wisata gratis di Bali tersebut. Yuk, agendakan liburan kamu ke lima tempat wisata gratis di atas saat pergi ke Bali! (jow)