Kepergian petinju legendaris Muhammad Ali memang menyisakan duka mendalam di dunia olahraga. Apa yang ia katakan dulu, “kalau aku mati, aku jadi legenda,” ternyata terbukti. Para pemuja dan penggemarnya di seluruh dunia menangis. Bahkan penyanyi dunia Justin Bieber pun turut berbela sungkawa atas kepergian sang legenda.

Seperti diketahui, Ali dirawat di rumah sakit, di daerah Phoenix, Arizona, Amerika Serikat, dan meninggal pada Jumat (3/6/2016) malam atau Sabtu (4/6/2016) waktu Indonesia. Ia meninggal dalam usia 74 tahun karena penyakit Parkinson yang dideritanya.

Namun, ia telah meninggalkan warisan yang luar biasa bagi dunia berupa kiprahnya sebagai petinju kelas berat yang menjadi inspirasi banyak orang. Sampai-sampai, Ali dijuluki “Olahragawan Abad Ini”.

Ali mulai melejit sebagai petinju besar sejak meraih medali emas Olimpiade pada 1960. Penampilannya di hadapan jutaan orang di dunia dengan kecerdasan dan kepercayaan dirinya di atas ring, telah menginspirasi dunia.

Semangat dan kegigihan Ali pun dituangkannya ke dalam kata-kata yang selalu dikenang. Kutipan-kutipan dari peraih tiga kali juara dunia tinju kelas berat itu pun dapat membuatmu lebih semangat menghadapi hari. Berikut ini kumpulan kutipan Ali yang tertuang dalam gambar. (rei)