Pernahkan kamu bayangkan bagaimana jadinya jika sebuah rumah dibangun tanpa pintu? Sudah pasti jadi incaran pencuri, kan? Namun percaya atau tidak, ada sebuah desa yang bangunannya dibangun tanpa menggunakan pintu!

Adalah desa Shani Shingnapur. Desa ini dijuluki desa teraman di dunia, karena selama ini penduduk merasa aman dan tidak pernah sekalipun terjadi kasus pencurian di sana meski rumah mereka tak memakai pintu.

timesofindia.indiatimes.com

Desa Shani Shingnapur berlokasi di negara bagian Maharashtra, sebelah barat India. Penerbangan ke sana dapat ditempuh selama dua jam, naik pesawat domestik dari New Delhi. Walau cukup jauh dan terpencil, nyatanya desa ini dikunjungi 40 ribu wisatawan dalam sehari.

Melansir dari situs Situs BBC Travel, justru bangunan tanpa pintu inilah membuat desa ini menarik. Kalau pun ada pintunya, hanya berupa kain dan terbuat dari kayu serta tidak terkunci, yang fungsinya hanya untuk menjaga rumah supaya hewan liar tidak masuk. Bukan cuma itu, uang-uang yang ada di dalam rumah juga hanya dimasukan ke dalam kaleng! Uniknya toilet pun hanya ditutupi semacam kain tipis bukan pintu untuk privasi.

indianexpress.com

Tak hanya rumah, lembaga pendidikan, bahkan bank pun tak memiliki pintu. Suatu bank bernama United Commercial Bank, dibuka di sana tahun 2011. Bank ini memang memasukan uangnya ke dalam brankas, hanya saja pintu kacanya tidak terkunci. Pihak bank ingin tetap menghargai kepercayaan masyarakat Desa Shani Shingnapur. Mungkin bank tersebut satu-satunya bank di dunia yang tidak pernah terkunci. Unik bukan?

indianexpress.com

Ternyata, bangunan tanpa pintu ini merupakan sebuah tradisi di sana. Penduduk mempercayai, Desa Shani Shingnapur dijaga oleh Dewa Shani. Dalam kepercayaan umat Hindu, Dewa Shani akan memberi hasil perbuatan tiap manusia yang melakukan kejahatan saat masih hidup melalui hukuman.

Legenda setempat menyebutkan, 300 tahun lalu Desa Shani Shingnapur dilanda hujan, badai dan banjir. Sampai suatu ketika, seorang penggembala menemukan lempeng dari besi dan batu yang terbawa arus. Saat ditusuk dengan kayu, lempeng itu ternyata mengeluarkan darah.

Di malam hari, sang penggembala bermimpi Dewa Shani datang ke desa dan berjanji akan melindungi desa dari segala bahaya. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, para pencuri yang beraksi di Desa Shani Shingnapur bakal mengalami nasib tragis. Dia akan buta dan mengalami nasib buruk selama 7 tahun!

shanishingnapur.blogspot.com

Sejak itulah orang-orang percaya desa mereka dijaga oleh Dewa Shani, dan membuang pintu mereka. Lempengan besi yang ditemukan si penggembala itu, hingga kini masih ada di pusat desa dan selalu ramai didoakan.

Jika kamu tinggal di desa ini dan berpergian keluar kota, kamu tak perlu merasa khawatir atau takut harta benda akan hilang, karena kepercayaan akan dewa Shani amat tinggi. Kenyataannya saat kembali ke rumah, harta bendanya masih aman dan tak hilang satupun. Luar biasa bukan?