Konser Musik Unik, Bikin Penontonnya Tidur Nyenyak

Konser musik biasanya identik dengan ramai atau bahkan berisik. Namun konser yang satu ini sangat berbeda 180 derajat dibandingkan konser pada umumnya.

Jangan mengharapkan musik hingar-bingar saat mendatangi salah satu konser musisi bernama Robert Rich. Sebab setiap penonton akan dibuat tertidur lelap oleh alunan musik Rich.

Konser musik Robert Rich (Huffington Post)
Konser musik Robert Rich (Huffington Post)

“Ini tentang berbagai jenis pengalaman mendengarkan, dalam kondisi pikiran setengah terjaga setengah tertidur,” kata Rich seperti dikutip dari Huffingtonpost, Selasa (7/6/2016). “Saya mendorong [penonton konser] untuk bersantai karena konser akan berjalan sepanjang malam.”

Benar sekali, Sleep Concert Rich akan berlangsung sepanjang malam. Konser tersebut dilangsungkan selama sekitar 8 jam. Tujuannya adalah membuat penonton senyaman mungkin dan tertidur nyenyak. Jadi mereka akan membutuhkan matras, bantal, dan pakaian yang nyaman.

Rich menggambarkan konsernya sebagai pertunjukan musik ambient elektronik dengan tempo yang sangat lambat. Suasana dalam setiap konsernya begitu tenang, sehingga penonton bisa menenangkan pikiran.

Konser musik Robert Rich (Huffington Post)
Konser musik Robert Rich (Huffington Post)

Rich pertama kali mengadakan Sleep Concert pada tahun 1982. Saat itu dia masih berstatus mahasiswa di Universitas Stanford. Menurut Rich sendiri, dia bereksperimen dengan konser selama berjam-jam untuk menciptakan lingkungan yang dapat mendorong penonton untuk mengeksplorasi emosi mendalam.

Dulu Rich bisa mengadakan Sleep Concert setiap bulan. Sekarang dia hanya mengadakan pertunjukan setahun sekali. Herannya, tiket konser Rich selalu ludes sebelum acara. Sejauh ini dia sudah tampil di Krakow, Tokyo, Kopenhagen, dan Durham.

Penasaran dengan musik dari Rich? Coba tonton videonya berikut ini. Itu juga kalau kamu tidak ketiduran di tengah-tengah lagu.

(tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...