Indonesia punya sejuta kisah kepahlawanan dalam mengusir penjajah. Salah satu cerita perjuangan membela bangsa dan negara ternyata juga berasal dari Bogor. Kisah tersebut tergambar dalam film berjudul “Laskar di Tapal Batas”.

Film garapan Bidar Batavia Grup dan IVU Films ini memilih untuk mengangkat kisah heroik dari pria bernama Tidjan. Sosok Tidjan memang tidak sepopuler pahlawan lainnya. Padahal, pemuda asal Bogor ini punya andil cukup besar dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Sosoknya hanya dikenal lewat sebuah jalan atau gang di daerah Cimanggu, Bogor. Di tempat ini juga terdapat makam asli Tidjan.

Suasana bogor semasa Tidjan (Bogorheritage)
Suasana bogor semasa Tidjan (Bogorheritage)

“Saya tertarik memproduksi film perjuangan yang menceritakan kisah Tidjan, pahlawan asal Bogor karena anak muda zaman sekarang harus tahu sejarah ini,” ucap Eksekutif Produser Bidar Batavia Grup, Letsman Tendy, dikutip dari Liputan6com, Kamis (9/6/2016).

“Kisah Tidjan ini harus menjadi teladan bagi anak muda zaman sekarang yang sepertinya mulai luntur nasionalismenya,” lanjutnya.

Sonia Selvans, salah satu pemeran film itu, bahkan sampai menangis saat syuting karena terharu dengan perjuangan Tidjan mengusir penjajah. “Aku yang berakting aja sampai merinding mengenang perjuangan Tidjan dan laskar rakyatnya, apalagi mereka yang dahulu benar-benar angkat senjata melawan penjajah ya,” Sonia Selvans menuturkan.

Sonia Selvans (Liputan6)
Sonia Selvans (Liputan6)

Untuk menggambarkan lokasi sesuai dengan zamannya, tim produksi film “Laskar di Tapal Batas” ini memang mencari lokasi yang sesuai dengan zaman perjuangan Tidjan hingga ke pelosok desa. Proses pembuatan film ini memang terbilang sangat serius. Seleksi aktor dan aktris yang memerankan film ini digelar hingga di lima kota, yakni Jakarta, Cianjur, Bogor, Sukabumi serta Bandung.

Film “Laskar di Tapal Batas” akan tayang mulai 11 Agustus 2016 di seluruh bioskop di Indonesia. Film yang disutradarai Bayu Prayogo ini juga diperankan oleh Gorz Kurniawan, Sonia Selvans, Tere Gunawan, Yati Surachman dan Pong Harjatmo.

Kamu bisa lihat video trailernya berikut ini.

(tom)