Kubah merupakan hal penting yang dimiliki oleh sebuah masjid. Kubah yang letaknya tinggi, tak jarang terlihat kusam dan sedikit kotor, serta sarang laba-laba yang menghiasinya pada waktu-waktu tertentu. Namun masjid satu ini punya kubah yang selalu bersih setiap saat.

Masjid tersebut adalah Blue Mosque di Istanbul, Turki. Jika kamu berkunjung ke sana, sempatkan untuk melongok ke langit-langit. Di lingkaran kubahnya, tak ada sarang laba-laba yang mengotori. Hebat!

cleocollective.com

Umumnya kubah dalam suatu masjid harus secara rutin dibersihkan agar bisa tampak selalu bersih. Namun karena areanya yang tinggi dan tak terjangkau banyak orang, agak sulit membersihkan kubah. Hal ini tak berlaku dengan Masjid Biru yang terletak di kawasan tertua di Istanbul, yang di masa lalu merupakan pusat Konstantinopel, ibukota Kekaisaran Romawi Bizantium ini.

Petugas kebersihan di sana tak perlu repot-repot memanjat ke area kubah untuk membersihkannya dari sarang laba-laba. Mengapa demikian? Ternyata keajaibannya terletak pada ‘resep’ tambahan pada desainnya, yakni telur burung unta.

Dilansir dari Detik.com, para arsitek masjid menempatkan telur tersebut tepat tengah kubah terbesar yang berdiameter 24 meter, menjuntai rantai panjang. Tiga meter dari titik tengah kubah terdapat chandeliers berbentuk segitiga tempat meletakkan telur unta di ketiga sudutnya.

Pasalnya, telur burung unta memiliki kandungan zat tertentu yang tak disukai laba-laba. Sampai sekarang pun, telur itu masih ampuh mengusir keberadaan laba-laba dari kubah masjid tersebut.

Masjid yang dibangun antara tahun 1609 dan 1616 ini mengikuti gaya arsitektur Turki Utsmani. Masjid ini punya enam menara, empat di antaranya menjulang tinggi dengan tiga balkon dan dua menara lainnya memiliki dua balkon. Masjid ini bisa menampung hingga 10 ribu jamaah

clausitosfootprints.wordpress.com

Uniknya, masjid dihiasi dengan 20 ribu keramik dari Iznik, Turki. Terdapat pula empat pilar besar dari marmer yang menyerupai kaki gajah. Cahaya matahari bisa leluasa menerobos ke dalam masjid lewat 200 jendela kaca patri yang warna-warni. Ada pula mihrab dari marmer yang dipahat dengan hiasan stalaktit, dan panel ganda di atasnya.

Keindahan masjid ini tak hanya terletak pada kubah yang ajaib dan desain bagian dalam masjid yang menawan, pun taman bunga yang dilindungi pepohonan saat memasuki komplek masjid. Nah, JBers, saat ke Turki, sempatkan berkunjung ke masjid indah ini, ya.