Traveling Saat Puasa (cdn.klimg.com)

Di bulan Ramadhan yang penuh dengan berkah ini, berpuasa merupakan suatu kewajiban bagi umat muslim. Berpuasa menahan lapar dan haus dari pagi hingga petang membuat kebanyakan dari kamu merubah gaya hidup selama 30 hari. Bagi kamu yang suka jalan-jalan alias traveler, bulan Ramadhan tentunya tidak menyurutkan niat kamu untuk bepergian dan tetap menjalankan aktivitas traveling. Nah, kali ini JadiBerita punya beberapa tips cerdas agar puasa dan ibadah kamu selama bulan Ramadhan tidak menjadi penghalang saat bertravelling. Yuk simak tipsnya!

1. Memilih Tujuan Perjalanan

Memilih Destinasi Traveling (www.oncallinternational.com)
Memilih Destinasi Traveling (www.oncallinternational.com)

Pasti akan lebih mengasikkan jika kamu melakukan perjalanan ke tempat-tempat yang mendukung suasana Ramadhan seperti negara Arab atau Turki misalnya. Kamu akan merasakan sensasi warna yang berbeda di bulan Ramadhan. Jika tak ingin jalan-jalan ke luar negeri, kamu juga bisa kok menemukan tujuan perjalanan dalam negeri yang mendukung suasana Ramadhan seperti di Aceh, Yogyakarta, atau ke kota-kota walisongo yang ada di kawasan Jawa Timur. Tapi jika kamu traveling ke tempat-tempat yang memiliki kaum minoritas muslim, kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu di mana letak-letak masjid yang ada di sana sehingga kamu tidak akan kesulitan untuk ibadah.

2. Mengemas Barang Bawaan

Mengemas Barang (www.huffingtonpost.com)
Mengemas Barang (www.huffingtonpost.com)

Sebelum berangkat, hendaknya kamu memikirkan dengan matang barang-barang apa saja yang kamu bawa. Pastinya barang-barang tersebut harus berguna, malah kalau bisa multifungsi karena semakin sedikit barang bawaan, maka kamu bisa mengirit tenaga yang harus kamu keluarkan karena kamu sedang berpuasa. Belakangan sudah banyak traveling gear yang didesain khusus secara ringan sehingga bisa memudahkan kamu. Jika kamu memakai ransel, kamu harus pintar mengatur barang-barang tersebut sedemikian rupa dan rapi sehingga berat bebannya merata saat digendong.

3. Gunakan Daypack untuk Berkeliling

Daypack (survival-mastery.com)
Daypack (survival-mastery.com)

Saat kamu berkeliling, sebaiknya bawa barang bawaan yang penting-penting saja seperti ponsel, dompet, charger, peta, dan passport yang bisa kamu masukkan dalam daypack atau tas kecil. Jika kamu membawa koper atau backpack, usahakan titipkan barang bawaan kamu di locker hostel atau tempat penitipan barang yang terpercaya. Kamu tentunya tak ingin cepat lelah hanya karena membawa beban barang-barang yang berlebihan.

4. Memilih Rute

Memilih Rute (thepointsguy.com)
Memilih Rute (thepointsguy.com)

Jangan sekali-kali memilih untuk lebih mengorbankan ibadahmu untuk menghemat uang. Jika ingin berkeliling pilihkan rute yang paling pendek dan juga transportasi yang paling nyaman. Jangan paksakan diri untuk berjalan berkilo-kilo meter dan naiklah kendaraan untuk menghemat tenaga kamu sehingga kamu tetap bisa menjalankan ibadah berpuasa.

5. Membawa Bekal Makanan Penambah Energi

Kurma (english.alarabiya.net)
Kurma (english.alarabiya.net)

Meski terdengar sepele karena kamu pasti berpikir untuk makan sepuasnya saat berbuka, namun membawa makanan penambah energi akan sangat berpengaruh pada perjalanan traveling kamu. Makanan penambah energi yang bisa kamu bawa seperti kurma, oat, cokelat, hingga madu yang bisa kamu konsumsi saat sahur dan berbuka. Coba saja jika sudah waktunya sahur dan berbuka, namun kamu sedang berada di kawasan yang tidak ada restoran halal, makanan penambah energi kamu ini bisa jadi senjata andalan loh.

Tunggu apalagi JBers! Segera terapkan tips-tips cerdas di atas saat kamu akan bertraveling. (jow)