Insomnia (www.sleephelpcenter.com)

Insomnia merupakan kondisi di mana kamu kesulitan untuk tidur. Hal ini kebanyakan disebabkan oleh faktor pikiran dan juga aktivitas fisik seperti kelelahan. Bukan hanya orang dewasa saja yang sering terkena insomnia, namun anak-anak muda masa kini juga sering mengalami insomnia sehingga banyak yang tidur tengah malam dan ujung-ujungnya begadang. Hal ini tentunya bisa berakibat buruk bagi kesehatan kamu loh JBers karena tidur  bisa mereset serta mengistirahatkan pikiran dan juga tubuh kamu. Jika kamu kurang tidur maka kamu bisa lebih sensitif, mudah cemas, tegang, dan juga mudah marah. Wah, buruk juga ya JBers efeknya. Oleh karena itu, JadiBerita akan memberikan beberapa tips jitu untuk membuat kamu tertidur dalam waktu 30 detik seperti yang dilansir dari lifehack.org. Ayo kita lihat JBers tipsnya!

1. Membaca Buku

Membaca Buku (sites.google.com)
Membaca Buku (sites.google.com)

Membaca buku mampu mempermudah kamu menjaga pikiran dan menghilangkan beban pikiran kamu selama sehari penuh. Tak perlu membaca bacaan yang terlalu intelek atau yang berat-berat JBers. Kamu bisa membaca buku komik atau novel ringan yang mampu menyegarkan otak kamu sehingga lebih tenang. Pikiran yang tenang bisa memudahkan kamu untuk terlelap lebih cepat.

2. Tidur Tepat Waktu

Tidur Tepat Waktu (www.embracefamilyhealth.com)
Tidur Tepat Waktu (www.embracefamilyhealth.com)

Apa selama ini jam tidur kamu tak menentu? Nah, mulai sekarang coba atur waktu tidurmu, misalkan kamu harus tidur jam 10 malam, maka keesokan harinya kamu juga harus tidur pukul 10 malam juga, begitu seterusnya. Jika mulai terbiasa akan jam tidur yang teratur, otomatis otak kamu sudah mengirimkan sinyal untuk segera tidur ke tubuhmu saat jam tidur tiba.

3. Meredupkan Lampu

Meredupkan Lampu (igot-it.com)
Meredupkan Lampu (igot-it.com)

Lampu redup atau remang bisa membuat lebih rileks sehingga lebih cepat ngantuk. Semakin banyak cahaya yang masuk ke kamar kamu, semakin sulit kamu akan tertidur. Gunakan lampu dengan cahaya kuning yang bisa membuat tidur tetap terjaga sehingga kamu tidak terbangun-bangun di tengah-tengah lelapnya tidur. Meredupkan lampu juga bisa membuat kualitas tidur lebih tinggi sehingga saat bangun tidur, badan kamu terasa lebih segar.

4. Minum Susu Hangat

Susu Hangat (www.lebonbon.fr)
Susu Hangat (www.lebonbon.fr)

Ada banyak orang yang bilang kalau minum susu hangat sangat ampuh untuk membuat kamu cepat terlelap. Hal itu ternyata fakta loh JBers, karena susu memiliki kandungan asam amino tritopan yang membuat kamu lebih mudah mengantuk. Selain itu susu juga memiliki kandungan zat yang bisa berubah menjadi hormon melatonin yang bisa membuat tidur lebih nyenyak.

5. Menjaga Suhu Ruangan

Menjaga Suhu Ruangan (www.ehomeservices.com.sg)
Menjaga Suhu Ruangan (www.ehomeservices.com.sg)

Kamu pasti bertanya-tanya, apa hubungannya antara suhu ruangan dengan tidur? Suhu ruangan yang terlalu dingin atau terlalu panas bisa membuat kamu susah tidur. Usahakan suhu ruangan kamu sejuk sehingga kamu bisa dengan rileks memejamkan mata seolah-olah kamu sedang berada di bawah pohon yang rindang. Kalau kamu menggunakan pendingin ruangan alias AC, maka nyalakan terlebih dahulu AC di kamar kamu beberapa menit sebelum kamu tidur sehingga suhu ruangan kamar kamu sudah sejuk.

Bagaimana JBers? Jika kamu terkena insomnia, segera praktekkan tips-tips jitu di atas ya! Semoga kamu bisa mengusir insomnia kamu jauh-jauh.