Di bulan Ramadan ini tentunya salah satu moment yang paling ditunggu-tunggu oleh JBers pastinya bukber alias buka bersama dengan teman-teman. Bukber bersama teman-teman tentunya bisa menambah pahala karena sudah menyambung tali silaturahmi di bulan penuh berkah ini. Kalau tak ingin repot bukber di rumah, kamu bisa memilih untuk bukber di restoran. Tapi bagaimana jika budget terbatas? Jangan khawatir JBers karena JadiBerita akan memberikan lima rekomendasi restoran murmer di Jakarta dengan spot yang instagramable dan bisa direservasi sehingga pas buat bukber kamu bersama dengan teman-teman. Yuk, kita cek resto-restonya!

1. Waroeng Mee

Waroeng Mee(www.korneliusginting.web.i, Sendokransel.wordpress.com, gogirlmagazine.com)
Waroeng Mee(www.korneliusginting.web.i, Sendokransel.wordpress.com, gogirlmagazine.com)

Restoran kekinian yang sedang hits ini letaknya dekat stasiun Sudirman tepatnya di Jalan Blora No.36, Menteng. Restoran yang baru dibuka sekitar satu tahun ini mengusung konsep ruangan yang sangat unik yakni tema komik Amerika. Saat masuk ke sini, kamu akan langsung disapa oleh para pelayannya dengan sambutan, â??Hai mas bro, hai mba sist!â? yang berpakaian unik ala tokoh kartun. Untuk pilihan menu makanannya ada banyak sekali seperti aneka mie yang citarasanya pasti belum kamu coba seperti Mee Green Lamb alias mie dengan kambing cabai hijau), Mee Eggs Ploded alias mie dengan kuah susu dan telur asin serta pangsit hitam, hingga Mee Cuma Cumi alias mie hitam yang dibalur telur. Selain menu mie yang menjadi andalan juga ada menu nasi yang mengenyangkan, roti bakar dengan aneka macam topping, hingga camilan seperti kue cubit aneka rasa, churos, cireng, dan juga long bread yang paling banyak dipesan. Khawatir dengan harganya? Semua makanan ini berkisar antara 20-30 ribuan saja kok. Waroeng Mee juga menawarkan aneka permainan seperti uno yang bisa kamu mainkan sambil menunggu adzan maghrib. Ditambah lagi jam bukanya hingga pukul 23.00 malam sehingga kamu bisa nongkrong hingga malam.

2. Soulfood

Soulfood Kemang(manual.co.id, urbanouteaters.com, culinarybonanza.com)
Soulfood Kemang(manual.co.id, urbanouteaters.com, culinarybonanza.com)

Bagi kamu yang sangat cinta dengan masakan Indonesia, kamu bisa memilih untuk bukber di Soulfood yang ada di Centra Kemang 72, tepatnya di Jalan Kemang Raya No. 72. Saat kamu masuk ke dalam Soulfood, kamu akan disambut dengan nuansa vintage yang sangat kental, mulai dari dekorasi perabotan tua, peralatan makan, hingga daftar menu yang ditempel di dinding begitu saja. Barang-barang antik yang dipajang di sini mampu membuat suasana jadi homey sehingga kamu betah karena serasa di rumah. Di Soulfood, kamu akan ditawarkan aneka menu masakan khas Indonesia seperti nasi cumi hitam, gejrot kecombrang, daging suwir kemangi, sambal kedondong, empal suwir sambal sereg, dan masih banyak lagi. Bagi kamu pecinta pete dan jengkol, Soulfood juga ada menu pete peda ijo, jengkol jambal merah, dan masih banyak lagi. Kebanyakan menu disajikan untuk berdua atau bertiga sehingga jangan kaget yah kalau porsinya super jumbo. Untuk harga, tenang saja karena makanannya under Rp 50.000 kok.

3. Pastificio-K

Pastificio-K (www.jakarta100bars.com, manual.co.id, nowjakarta.co.id)
Pastificio-K (www.jakarta100bars.com, manual.co.id, nowjakarta.co.id)

Penyuka pasta pasti suka sekali datang ke Pastificio-K yang masih berada di Jalan Kemang Selatan No. 72, Kemang. Letaknya hanya berjarak beberapa meter saja kok dari Soulfood. Keunikan dari Pastificio-K ini adalah kamu bisa meracik pasta idaman kamu sendiri, mulai dari memilih jenis pasta, saus, hingga topping. Jadi kamu bisa berkreasi sesuka hati. Untuk pilihan pastanya ada spaghettini, gnocchi, maccheroni, ravioli, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk saus dan toppingnya ada bolognaise, pesto, arrabiatta, rosemary butter, tuna, hingga saus rendang loh. Harganya juga sangat ramah di kantong, yakni masih under Rp 50.000 saja. Pastificio-K buka hingga pukul 22.30

4. Fish Streat

Fish Streat (puteri-athiya.blogspot.com, id.openrice.com, qraved.com, pegipegi.com)
Fish Streat (puteri-athiya.blogspot.com, id.openrice.com, qraved.com, pegipegi.com)

Fish Street memiliki restoran yang memiliki tiga cabang, yakni di Jalan Pinang Emas 1 Blok UT No. 14 Pondok Indah, Taman Jajan CBD di Jalan Boulevard Bintaro Jaya (Sektor 7) Bintaro, dan Jalan Kesehatan Raya Bintaro dekat Rempoa Factory Outlet. Sesuai dengan taglinenya, yakni â??We have the best and the cheapest fish nâ?? chips in town,  kamu bisa menikmati hidangan andalan fish and chips dengan harga super murah yakni kisaran 30 ribu saja. Selain fish and chips juga ada menu seafood lainnya seperti crispy calamari, grilled shrimp, dan masih banyak lagi. Untuk porsi dijamin bikin kamu kenyang deh.

5. Trance Station

Trance Station (majalahsunday.com, meongculinary.com, zomato.com)
Trance Station (majalahsunday.com, meongculinary.com, zomato.com)

Di urutan terakhir kita ada Trance Station yang ada di Ruko Boulevard, Blok PA11 No. 14, tepatnya di jalan Boulevard Raya, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Restoran yang bertema industrial kekinian ini sangat nyaman sehingga membuat banyak anak muda betah berlama-lama di sini. Jika kamu ingin bukber di sini, kamu pasti bingung memilih makan apa karena pilihan menunya banyak dan kisaran harganya hanya 20-30 ribu saja loh JBers. Ada aneka varian nasi dengan citarasa Asia seperti Curry Chicken, Beef Bulgogi, Gyu Tan Don, dan masih banyak lagi.

Udah ngebayangin khan serunya bukber di lima resto murmer di atas? Di manapun pilihan restorannya, jangan lupa untuk melakukan reservasi ya JBers! (jow)