Sosok yang kuat dan tangguh, haruslah menjadi citra para tentara. Maka tak heran, jika seragam tentara atau pasukan tempur biasanya menggunakan seragam yang terlihat mengintimidasi, gagah dan terlihat berwibawa, serta tepat untuk penyamaran. Namun apa jadinya kalau tentara atau pasukan penjaga menggunakan seragam yang malah tampak unik?

Berikut ini 5 negara yang punya seragam paling unik. Takjub atau heran?

1. Spanish Legion

mattsko.wordpress.com

Spanyol legiun ( Spanyol: Legiun Española, La Legion), atau dikenal sebagai Tercio atau Tercios, adalah unit dari Angkatan Darat Spanyol dan Pasukan Reaksi Cepat Spanyol. Hal itu didirikan pada tahun 1920 untuk melayani sebagai bagian dari Spanyol Army Afrika. Seragam mereka memang polos dan sederhana. Namun bertentangan dengan seragam militer lainnya, Legiun ini diperbolehkan untuk jenggot olahraga dan terbuka di bagian dada.

2. The Evzones

wikimedia.org

Evzones merupakan anggota unit seremonial elit Angkatan Darat Yunani yang bertanggung jawab untuk menjaga kediaman presiden Yunani dan makam pahlawan. Mereka mengenakan seragam yang terdiri dari celana ketat, jumbai, bakiak ber pompom, dan tutus berenda. Unik ya seragamnya kayak pasukan balet.

3. French Foreign Legion

rg.ru

French Foreign Legian (French: Legio Etrangere) adalah cabang militer dari Angkatan Darat Perancis didirikan pada tahun 1831. Uniknya legiun ini diciptakan untuk warga negara asing bersedia untuk melayani di Angkatan Bersenjata Perancis. Seragam mereka seperti menggunakan celemek kulit serta kapak sebagai senjatanya.

4. Pakistan Border Guards

dawn.com

Pasukan ini merupakan penjaga perbatasan India dan Pakistan. Setiap hari, para penjaga di sepanjang perbatasan melakukan tarian yang sangat brutal. Tarian ini merupakan upacara untuk menandai pembukaan perbatasan di Wagah (Garis perbatasan India dan Pakistan). Lihat deh topi yang dipakai mereka, unik ya?

5. Iranian Sniper Squad Uniform

betrendsetter.com

Pasukan Iran ini merupakan militer penembak jitu. Apa yang bahkan terjadi dengan kostum Sniper Squad Iran ini? Seragam mereka bermaksud untuk kamuflase. Mungkin mereka praktis di lapangan, tapi bagaimana saat di layar publik?