5 Negara dengan Waktu Buka Puasa Paling Cepat di Dunia

Ramadan adalah bulan penuh berkah dan selalu dinantikan oleh umat islam di seluruh dunia. Pada bulan yang penuh ampunan ini, umat Islam wajib menjalankan puasa dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Perbedaan waktu di seluruh dunia, membuat durasi puasa berbeda, ada yang lebih cepat dan lama.

Di Indonesia, waktu berpuasa kurang lebih selama 13 jam, termasuk tergolong cepat, dibandingkan dengan Islandia yang harus berpuasa selama 22 jam. Nah, tapi ada loh yang buka puasanya lebih cepat daripada Indonesia. 5 negara ini punya waktu buka puasa paling cepat, lho. Apa saja? Simak yuk ulasannya berikut ini.

1. Kepulauan Komoro

wikimedia.org

Kepulauan Komoro terletak di Selat Mozambik, sebelah barat Laut Madagaskar dan sebelah timur benua Afrika. Budaya Arab dan Islam sangat kental di kepulauan ini, karena masih masuk ke dalam bagian Jazirah Arab. Menariknya waktu puasa di Kepulauan Komoro hanya setengah hari saja, yakni sekitar 12 jam dan 31 menit.

2. Australia Barat

cnn.com

Salah satu sudut kota Perth Australia Barat ini menjadi salah satu negara dengan waktu buka puasa tercepat. Di negara ini, umat Islam hanya berpuasa setengah hari kurang satu menit, yaitu 11 jam 59 menit. Restoran-restoran halal banyak ditemukan di kawasan Sydney Road, yang menjadi kawasan hunian banyak imigran dari Timur Tengah yang mayoritas beragama Islam. Beberapa muslim di Australia mengaku tidak terlalu banyak tantangan, karena waktu berpuasa sangat pendek, ditambah lagi puasa kali ini akan jatuh pada musim dingin.

3. Argentina

wikimedia.org

Argentina merupakan negara yang terletak di Amerika Latin dengan ibukota Buenos Aires. Masyarakat muslim di negara ini menjalani ibadah puasa dengan durasi sekitar 9 jam dan 37 menit atau sepertiga hari. Meski penduduk muslim di sini memang sedikit, hanya sekitar 1.9%, tapi Argentina dikenal sebagai negara yang memiliki toleransi beragama paling tinggi.

4. Casey Station, Antartika

antarctica.gov.au

Di daerah ini, sebagian penduduknya merupakan muslim. Penduduk muslim yang tinggal di sini cukup berpuasa selama 9 jam 18 menit saja. Jadwal imsaknya sendiri yaitu pukul 6.30 pagi, dan berbuka puasa pada pukul 15:48 sore hari. Namun meski puasa tergolong pendek, tapi siap-siap bibirmu kering karena cuacanya yang dingin.

5. Chile

export.gov

Negara dengan puasa tercepat adalah Chile. Negara yang terletak di Amerika Selatan ini total berpuasa selama 9 jam dan 12 menit. Imsak di Chile jatuh pada pukul 5.31 pagi, dan mereka berbuka puasa pada pukul 15.00. Chile jadi bukti jika tak semua negara di Amerika, jam puasanya lama. Meski demikian, cuaca yang dingin dan panas jadi tantangan terbesar di Chili saat berpuasa. (rei)

Written by Linda

fun-writer. joy-reader!

Di Mata Cewek, 5 Hal Ini Lebih Romantis Dibandingkan Kalimat Cinta

Usir Insomnia Kamu dengan Tips Tertidur dalam 30 Detik Ini