Matahari Tak Pernah Terbenam, Begini Cara Warga Swedia Utara Berpuasa

Puasa di bulan Ramadan ini mungkin sudah dianggap berat bagi negara yang memiliki jadwal tetap. Namun puasa menjadi tantangan tersendiri bagi warga muslim di sejumlah bagian di Swedia.

Seperti diketahui, waktu berpuasa adalah sejak matahari terbit hingga terbenamnya sang surya. Namun, bagi sejumlah kota di bagian utara Swedia, seperti Kota Kiruna misalnya, ketika musim panas datang, seperti yang terjadi sekarang ini, matahari tidak pernah benar-benar terbenam.

Dilansir dari The Local, Rabu (15/6/2016), keadaan matahari yang tidak benar-benar terbenam itu dapat berpotensi membingungkan umat muslim terkait dengan waktu berbuka puasa.

Negara-negara yang berada di bagian utara Bumi (Google Earth)
Negara-negara yang berada di bagian utara Bumi (Google Earth)

Untuk membantu mengatasi kebingungan itu, Asosiasi Islam Swedia atau yang dikenal Islamiska Forbundet memberi aturan khusus bagi kaum Muslim. “Hari ini saya sudah mendapat 8 kali panggilan telepon tentang hal ini. Muslim dari seluruh Swedia menelepon kami,” kata Juru bicara Islamiska Förbundet, Mahmoud Khalfi.

Asosiasi tersebut merujuk pada panduan dari Dewan Eropa untuk Fatwa dan Penelitian, yang membeberkan perincian hal berpuasa bagi kaum Muslim di bagian dunia paling utara.

“Para pakar sudah melihat masalah ini dan sepakat tentang cara mengatasinya. Puasa disesuaikan waktunya dengan hari terakhir subuh dan maghrib yang sepantasnya bagi daerah ini. Misalnya, untuk Kiruna, puasa disesuaikan dengan akhir bulan Maret. Kira-kira pada tanggal 20-an di bulan itu.”

Bagi kaum Muslim di Kiruna, hal itu berarti waktu mereka berpuasa setara dengan mereka yang berpuasa di Stockholm. Tentu saja ini bukan hal yang gampang. “Kaum Muslim di Kiruna boleh berpuasa seakan mereka ada di Swedia bagian tengah, sekitar Stockholm atau Orebro,” demikian dijelaskan Khalfi. “Waktunya sama panjangnya, masih sekitar 18 jam. Tapi orang masih bisa bertahan,” imbuhnya.

Setelah mengetahui hal ini, kamu bisa tenang jika kamu kebetulan berada di negara yang disebutkan di atas. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

5 Lagu Indonesia yang Kobarkan Semangat Sepak Bola

Kumpulan Judul Berita di Surat Kabar Ini Dijamin Bikin Ngakak!