Siapa yang tak mau kuliah di luar negeri, apalagi mendapat beasiswa. Tentunya semua itu menjadi cita-cita banyak pelajar yang ada di Indonesia. Mencari beasiswa untuk kuliah di luar negeri memang bukan hal yang mudah karena proses seleksinya yang sangat ketat, belum lagi kamu harus bersaing dengan jutaan pelamar yang bisa membuat kamu merasa minder dan pesimis. Tapi kamu jangan patah semangat JBers! Segala sesuatunya pasti akan ada jalan keluar jika kamu terus berusaha. Coba deh kamu mencari beasiswa yang belum terkenal sehingga pesaingnya tidak terlalu banyak sehingga kemungkinan kamu lolos dan mendapat beasiswa lebih besar. Jika kamu masih bingung mencari-cari di mana universitas luar negeri yang memberikan beasiswa berpeluang tersebut, JadiBerita punya listnya untuk kamu nih!

1. Beasiswa di Universita Della Calabria di Calabria, Italia

Universita Della Calabria (it.enciclopediadelleconomia.wikia.com)
Universita Della Calabria (it.enciclopediadelleconomia.wikia.com)

Beasiswa parsial dari UNICAL alias Universita Della Calabria (UNICAL) ini bisa mewujudkan cita-cita kamu untuk kuliah di Italia. UNICAL merupakan salah satu kampus yang berada di selatan Italia, tepatnya di provinsi Calabria. Universitas ini setiap tahunnya menawarkan puluhan kursi beasiswa untuk mahasiswa asing dari seluruh dunia. Beasiswa yang akan kamu dapat memang hanya separuh, yakni meliputi biaya asrama, serta makan gratis di kantin universitas. Pada tahun kedua, jika nilai kamu berhasil mencapai target, maka kamu bisa mendaftar beasiswa Centro yang bisa full membiayai kuliah kamu di UNICAL. Proses pendaftarannya sama kok seperti pendaftaran beasiswa kebanyakan yang menyertakan TOEFL, CV Europass (Standar Eropa, bisa lihat template-nya di internet), motivation letter, dan lain sebagainya. Jika ingin tahu lebih lanjut, kamu bisa membuka situsnya, www.unical.it.

2. Beasiswa di Pusat Kebudayaan Rusia

Pusat Kebudayaan Rusia (sp.beritasatu.com)
Pusat Kebudayaan Rusia (sp.beritasatu.com)

Mungkin ada banyak pelajar yang tidak terlalu tertarik untuk belajar ke negeri Beruang Merah ini. Namun, Rusia ternyata memiliki banyak pilihan jurusan yang membuat kamu tertarik untuk kuliah di sana. Beasiswanya juga tidak hanya meliputi tingkat S1 saja, tapi juga S2 dan S3. Jika berminat, kamu bisa mendaftar melalui Pusat Kebudayaan Rusia (PKR). Beasiswa yang ditawarkan oleh PKR ini hanya meliputi biaya kuliah saja sehingga kamu harus merogoh kocek sendiri untuk biaya hidup kamu selama di sana ya JBers. Ingin tahu lebih lanjut tentang beasiswa di PKR ini? Kamu bisa mengunjungi situs www.studirusia.com.

3. Beasiswa di Indian Council for Cultural Relation

ICCR (www.nehrucentre.org.uk)
ICCR (www.nehrucentre.org.uk)

Kamu penggemar film India? Tak ada salahnya jika kamu mencoba mengajukan beasiswa ke Indian Council for Cultural Relation (ICCR). Setiap tahunnya, ICCR ini akan menyediakan puluhan kursi beasiswa untuk tingkat S1, S2, hingga S3. Jatah kursi beasiswa terbanyak disediakan untuk tingkat S2. Jika kamu berhasil mendapatkan beasiswa dari ICCR ini, kamu akan bebas biaya kuliah, biaya hidup selama di sana, bahkan kamu akan mendapatkan trip tahunan alias jalan-jalan setiap tahunnya. Enak khan JBers? Jika kamu tertarik, kamu bisa membuka situs www.ppi-india.org.

4. Beasiswa di ADB-JPS

Asian Development Bank Japan Scholarship Program (iaupnvy.or.id)
Asian Development Bank Japan Scholarship Program (iaupnvy.or.id)

ADB-JPS yang merupakan kepanjangan dari Asian Development Bank Japan Scholarship Program ini memiliki tawaran beasiswa dengan banyak pilihan universitas serta institusi akademis di kawasan Asia Pasifik seperti Jepang, Filipina, Australia, bahkan Hawai. Untuk meraih beasiswa dari ADB-JPS ini kamu harus jeli melihat peluang jurusan dari kampus mana yang sekiranya pas dan sesuai dengan latar belakang akademis serta minat kamu. Untuk lebih jelasnya lagi, kamu bisa membuka website www.adb.org dan www.beasiswapascasarjana.com.

5. Beasiswa di Brunei Darussalam Government Scholarships

Brunei Darussalam Government Scholarships (www.youthop.com)
Brunei Darussalam Government Scholarships (www.youthop.com)

Pasti belum pernah terbersit sedikitpun untuk kuliah di negeri yang akan akan minyak ini. Kamu bisa mencoba melamar beasiswa dari Brunei Darussalam Government Scholarships yang ditujukan untuk para pelajar asing. Untuk pesaing, tentunya masih sangat sedikit peminat sehingga saingan kamu akan berkurang. Brunei Darussalam Government Scholarships to Foreign Students ini akan membebaskan biaya kuliah dan hidup kamu selama di sana. Jika kamu berminat, kamu bisa mencoba mengunjungi situs www.mofat.gov.bn.

Di manapun kamu melamar beasiswa, jangan lupa untuk selalu mempersiapkan TOEFL dan juga motivation letter kamu dengan baik ya JBers! (jow)