Ada banyak destinasi traveling yang ada di dunia, tapi tak semuanya ramah dan bersahabat bagi kaum muslim. Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan seperti makanan halal, tempat ibadah, serta akomodasi yang muslim friendly alias ramah muslim. Tentunya akan lebih menyenangkan jika kamu traveling tanpa perlu memikirkan ketiga hal tersebut. Mengutip dari situs resmi CrescentRating, ada lima spot destinasi traveling muslim terbaik di dunia yang paling nyaman untuk kamu kunjungi, yaitu:

1. Malaysia

Masjid Terapung (www.liveinternet.ru)
Masjid Terapung (www.liveinternet.ru)

Untuk urutan pertama ada negara Malaysia yang punya banyak sekali spot traveling untuk muslim seperti Masjid Putrajaya dan Masjid Terapung di Selat Malaka yang merupakan masjid yang terkenal akan keindahan arsitekturnya yang memukau. Keberadaan etnis Melayu yang mayoritas beragama Islam membuat mereka memberi sumbangsih besar dalam kuliner halal serta fasilitas ibadah untuk para turis. Malaysia juga memiliki â??Islamic Tourism Centreâ?? yang berperan untuk mendidik industri pariwisata yang ada di sana. Pengelolaan ramah muslim ini bisa kamu lihat dari pemisahan kolam renang pria dan wanita, perbedaan waktu pemakaian pusat kebugaran di hotel, dan masih banyak lagi.

2. Uni Emirat Arab

Burj Khalifa (bluechiphome.com)
Burj Khalifa (bluechiphome.com)

Sudah bukan rahasia lagi kalau dua negera yang menjadi ikon Uni Emirat Arab, yakni Dubai dan Abu Dhabi punya spot wisata seru yang paling diburu di dunia. Sebut saja Burj Khalifa yakni bangunan tertinggi di dunia dengan arsitektur yang menakjubkan, Palm Jumeirah yang menjadi ikon Dubai dengan arsitektur memukau yang mirip dengan pohon palem, Dune Bashing yang merupakan kawasan ngetrack favorit di gurun berpasir, hingga Gold Souk yakni pasar yang khusus menjual emas. Di Uni Emirat Arab tentunya kamu tak perlu mengkhawatirkan tentang tempat ibadah hingga makanan halal karena kamu bisa dengan mudah menemukannya.

3. Turki

Masjid Biru (aldel.byethost16.com)
Masjid Biru (aldel.byethost16.com)

Turki terkenal dengan beragam objek wisatanya yang sangat indah. Ada banyak bangunan-bangunan tua di Turki yang memiliki unsur modernitas berpadu dengan peradaban klasik nan indah yang sangat wajib untuk diburu wisatawan. Ada satu spot wisata muslim yang paling terkenal di Turki, yakni Blue Mosque yang memiliki enam menara indah dengan keramik berwarna biru sebagai interiornya. Kamu pasti akan dibuat terpana saat masuk ke dalamnya dan membuat kamu ingin segera mengambil wudhu dan beribadah di dalamnya. Selain itu, ada Hagia Sophia yang pada zaman dahulu pernah dijadikan masjid serta gereja. Hagia Sophia hingga sekarang dijadikan lambang perdamaian oleh umat muslim dan nasrani.

4. Arab Saudi

Masjid Nabawi (media.zoya.co.id)
Masjid Nabawi (media.zoya.co.id)

Pergi haji atau umrah merupakan tujuan utama bagi umat muslim, oleh karena itu tak heran jika Arab Saudi menjadi tempat yang paling banyak ingin dikunjungi. Selain beribadah haji dan umrah, kamu juga bisa menapak tilas tentang sejarah Islam dengan mengunjungi beberapa spot wisata yang populer di Arab Saudi seperti Masjid Nabawi yang menjadi masjid tersuci kedua di dunia yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW, lalu ada Al-Ula yakni situs kuno yang dulu menjadi pusat perdagangan pada zaman nabi, hingga Dumat Al Jundal yakni kota misterius, Jamarat Bridge, Masjid Jawatha, Madain Saleh, Gunung Uhud, dan masih banyak lagi.

5. Indonesia

Aceh (www.tribunnews.com)
Aceh (www.tribunnews.com)

Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri karena Indonesia menempati urutan kelima dalam negara ramah muslim sedunia. Indonesia setidaknya memiliki sembilan wilayah yang menjadi tujuan wisata muslim. Kesembilan wilayah tersebut meliputi Aceh, Sumatera Barat, Banten, Lampung, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Makassar, serta Lombok. Di kesembilan wilayah tersebut kamu bisa dengan mudah menemukan makanan halal serta tempat ibadah yang mudah dijangkau.

Bagaimana JBers, sudah tahu ingin traveling ke mana? Pastinya kelima destinasi traveling di atas bisa kamu kunjungi saat bulan Ramadhan karena ramah muslim sehingga tak perlu takut ibadah kamu akan berkurang. (jow)