Ribuan pulau tercecer cantik di Nusantara. Dari Sabang sampai Merauke, keindahannya tak ada habisnya. Salah satu pulau terindah yang dimiliki Indonesia adalah Pulau Samalona. Seperti namanya yang enak didengar, pemandangannya pun enak dilihat dan amat jelita.

Pulau tersebut berada dalam wilayah Indonesia bagian timur, tepatnya di Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, hanya berjarak kurang lebih 7 km dari Kota Makassar dan 2 km dari Pantai Losari.

indonesiawow.com

Hamparan pasirnya yang lembut dan putih, serta air lautnya yang berwarna biru jernih kehijauan, menjadikan tempat ini sempurna untuk diselami. Terumbu karang di pulau ini masih terjaga keasriannya hingga kini, dan ikan lautnya pun tak kalah menarik. Tak heran jika pulau ini disebut sebagai surga terumbu karang yang siap menyihirmu dengan pesonanya.

blogspot.com

Lepas dari keindahannya yang menawan, ternyata Pulau Samalona menyimpan misteri tentang karamnya beberapa kapal. Setidaknya sudah ada tujuh buah kapal yang pernah tenggelam di area pulau ini.

Salah satunya yang terkenal adalah Kapal Maru yaitu kapal peninggalan Jepang yang tenggelam di kedalaman sekitar 30 meter. Selain itu pula ada Kapal Kargo Hakko Maru buatan Belanda dan Kapal Lancaster Bomber. Kini, kapal-kapal tersebut sudah berubah menjadi rumah dari ikan-ikan lucu di dasar laut. Kapal ini sudah menjadi karang, dan inilah yang menarik hati para wisatawan.

kompasiana.com

Kamu harus menyaksikan sendiri keindahannya. Di sini terdapat tempat yang menyewakan alat-alat diving serta snorkeling. Harga sewa alat-alatnya pun cukup terjangkau, mulai dari Rp50.000-Rp100.000, tergantung kelihaianmu menawar.

Meski tergolong pulau mungil, tapi fasilitas penunjang wisata, seperti penginapan, kamar bilas, dan kedai, cukup lengkap. Alternatif seru lainnya, kamu bisa membawa tenda dan camping di pulau ini. Beberapa bagian pulau cukup lapang, juga cukup aman untuk mendirikan tenda.

indonesiawow.com

Pamandangan bawah laut Pulau Samalona terkenal hingga penjuru dunia. Tidak heran jika setiap hari selalu ada wisatawan baik lokal maupun asing yang menyempatkan diri untuk datang ke pulau ini.

Usai puas menikmati keindahan bawah lautnya, kamu bisa bersantai menikmati kelapa muda sambil berjemur atau hanya sekedar bermain pasir. Jangan lupa mampir ke kedai-kedai di sana, karena ikan dan kepiting bakar di sini, tak boleh kamu lewatkan!