Olahraga memang ada banyak jenisnya. Dari mulai olahraga fisik, seperti push up hingga olahraga otak, seperti catur. Nah, Korea Selatan punya olahraga yang unik, lho. Kegiatannya pun mudah, aturannya mudah, tak perlu berkeringat, apalagi berpikir.

Olahraga tersebut adalah Doing Nothing alias bengong dan diam. Meski tergolong olahraga baru, tapi saat ini sedang menjadi tren, lho di negeri Gingseng. Olahraga ini sudah dimulai sejak tahun 2014 lalu. Pasalnya, olahraga unik ini bertujuan untuk mengistirahatkan otak yang terlalu lelah bekerja.

Aturan mainnya pun mudah, tidak ada ponsel pintar, tidak ada SMS, tidak foto selfie, tidak bergerak, kamu harus duduk sambil menatap kosong alias bengong. Uniknya, olahraga ini ada kompetisinya, lho.

Tahun ini ‘kompetisi bengong’ ini diadakan di Ichon Hangang Park di Seoul, Korea Selatan. WooopsYang, sang penggagas acara telah membuat acara tersebut sejak 2014 lalu. Menurutnya kompetisi itu dirancang untuk melihat berapa orang yang terlalu sering lembur dan berapa orang yang mendapatkan istirahat.

Kriteria pemenang di kompetisi ini cukup singkat. Pemenang adalah orang yang paling tenang detak jantungnya. Juri menggunakan alat pengukur detak jantung untuk mengetahui hal tersebut.

Peserta yang mendengarkan musik, menggotak-atik ponsel, membaca, tidur atau melamun akan dieliminasi dari kompetisi ini. Namun, peserta masih diperbolehkan menggaruk kepala atau kaki dan menyentuh hidung.

Pasalnya, lebih dari 2.000 orang mendaftar untuk memenuhi 70 slot kontestan tahun ini. Maka pihak penyelenggara harus membuat babak kualifikasi untuk memilih 70 yang terbaik. Selama acara yang berdurasi 90 menit ini, para peserta hanya diperbolehkan bengong.

Pada akhirnya seorang rapper lokal bernama Shin Hyo-Soeb, keluar sebagai pemenang. Ia berhasil menyingkirkan 70 kontestan lainnya yang mengikuti kompetisi tersebut dan mendapatkan medali emas.

Simak yuk, kompetisi bengongnya, berikut ini.