Museum Patah Hati (go-eat-do.com)

Kesedihan selalu datang saat kamu sedang patah hati, baik itu ditinggal pergi oleh pacar, putus cinta, dikhianati, hingga ditinggalkan untuk selama-selamanya. Melihat barang pemberian sang mantan justru akan membuat luka baru di dalam hati. Kebanyakan orang akan membuang barang pemberian mantan pacar untuk melupakan semua kenangan pahit dengan sang mantan pacar. Tapi ada pula yang menyimpan barang pemberian mantan untuk selalu mengenang kenangan manis bersama mantan yang tak akan terlupakan. Apakah kamu termasuk salah satunya JBers?

Bagian dalam museum patah hati (brokenships.com)
Bagian dalam museum patah hati (brokenships.com)

Dilansir dari The Sidney Morning Herald, ada sebuah museum yang khusus memamerkan barang-barang pemberian sang mantan pacar. Museum of Broken Relationship alias museum patah hati ini didirikan oleh Olinka Vistica dan Drazen Grubisic pada tahun 2010 di Zagreb, Kroasia. Cabang mereka yang kedua kini baru di buka di kawasan Hollywood, Amerika Serikat pada tahun 2016 ini. Olinka dan Drazen merupakan seniman yang mengalami patah hati pada tahun 2005. Mereka berdua kemudian berinisiatif untuk mendirikan museum patah hati karena ingin memberitahu kepada banyak orang, kalau bukan hanya mereka saja yang pernah mengalami patah hati. Masih ada banyak orang yang mengalami patah hati yang lebih parah dari yang pernah mereka alami.

Surat cinta yang dirobek dan disatukan dengan kepingan kaca dan cincin peninggalan mantan (boisestatepublicradio.org)
Surat cinta yang dirobek dan disatukan dengan kepingan kaca dan cincin peninggalan mantan (boisestatepublicradio.org)

Museum of Broken Relationship alias museum patah hati ini menyimpan lebih dari 700 barang peninggalan mantan dari seluruh dunia. Barang-barang yang ada di museum patah hati ini bukan hanya barang peninggalan mantan biasa, namun juga mengandung kisah di baliknya serta kedalaman emosional yang mampu membuat kamu berkaca-kaca. Ada banyak barang bisa kamu temukan seperti, boneka Teddy Bear, borgol berbulu, foto, jam tangan, kaset, baju, sepatu, dan masih banyak lagi.

Wine dan kaset peninggalan mantan (elitedaily.com dan laweekly.com)
Wine dan kaset peninggalan mantan (elitedaily.com dan laweekly.com)

Ada beberapa barang koleksi museum yang menjadi highlight karena memiliki kisah yang menyentuh hati kamu, seperti seorang pria yang memberikan pisau cukur yang diberikan oleh mantan pacar yang meninggalkannya karena menikah dengan orang lain. Ia berharap kalau mantan pacarnya tersebut tidak tahu kalau selama ini ia hanya mencintai mantan pacarnya seorang dan berharap mantan pacarnya mendapat kebahagiaan bersama dengan suaminya kelak. Lalu ada sepasang patung yang mewakili dua orang anak yang membantu seorang wanita saat ia melarikan diri dari suaminya yang sering melakukan KDRT. Kisah mengejutkan juga bisa kamu temukan dari sebuah lampu berbentuk anjung milik pasangan kekasih yang berpisah setelah 13 tahun bersama. Tadinya pria tersebut memberikan lampu itu kepada mantan pacarnya. Namun ternyata mantan pacarnya tersebut malah ditemukan bunuh diri di sebuah kamar hotel beberapa hari setelah ia menerima lampu tersebut.

Kapak Mantan (en.wikipedia.org)
Kapak Mantan (en.wikipedia.org)

Kisah penuh amarah juga bisa kamu temukan pada sebuah kapak yang disumbangkan oleh seorang wanita asal Berlin. Ia menamakan kapak tersebut Ă¢??kapak mantanĂ¢??. Karena diburu amarah, ia memotong-motong semua furniture miliknya dan sang mantan hingga berkeping-keping. Amarahnya tersebut membara akibat sang mantan meninggalkannya demi wanita lain. Kapak tersebut kini dikenal sebagai alat terapi instrumen yang ampuh untuk menghilangkan rasa amarah dan putus asa.

Museum of Broken Relationship assets.atlasobscura.com)
Museum of Broken Relationship assets.atlasobscura.com)

Setiap minggunya museum ini dikunjungi lebih dari 1000 orang pengunjung dan setiap harinya selalu saja ada orang yang menyumbangkan barang peninggalan mantan kekasihnya di museum patah hati ini. Kebanyakan dari mereka ingin berbagi dengan semua orang di seluruh dunia dengan mengajarkan kalau kisah cinta yang membuat kamu patah hati bukanlah kisah cinta bahagia sehingga kamu harus secepatnya move on dengan melepas semua kenangan kamu bersama dengan mantan. So, segera lenyapkan ingatanmu tentang mantan agar kamu bisa move on menjalani hidup ini ya JBers! (jow)